Breaking News:

Muhammad Fitrah dan Shelly Aulia Terbaik I Putra dan Putri Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021

Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan acara Hari Penganugerahan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021 di Graha Budaya Jakabaring, Palemba

Editor: Prawira Maulana
IST
Muhammad Fitrah dan Shelly Aulia terpilih menjadi Terbaik I Putra dan Putri Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021. 

*ditulis oleh Riska Fitrah Aprianti, S.I.P. (Duta Bahasa Sumatra Selatan 2014)*

Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan acara Hari Penganugerahan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021 di Graha Budaya Jakabaring, Palembang. Hari penganugerahan ini merupakan puncak rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021 yang dimulai sejak 21 April 2021.

Melalui rangkaian kegiatan yang dikemas semi virtual, pembekalan serta penilaian dan penjurian ketat, Muhammad Fitrah dan Shelly Aulia terpilih menjadi Terbaik I Putra dan Putri Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021. Sepasang pemuda itu dinobatkan menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan setelah menyingkirkan lebih dari 160 peserta lain yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan. Yang bertindak sebagai dewan juri pada hari itu adalah Drs. Muh. Abdul Khak, M.Hum., Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek); Drs.Umar Solikhan, M.Hum., Kepala Balai Provinsi Sumatera Selatan; Drs. Alpansyah, M.Pd., Ph.D selaku pengawas sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir; dan Pratiwi Eka Putri yang merupakan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2010.

Acara penganugerahan diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, parade finalis, tarian Indonesia Menari dan pidato 1 menit dari masing-masing finalis, tarian Inovasi Untuk Negeri, penampilan video kilas balik kegiatan Ikatan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2020/2021 dan teater daerah bertajuk Asal Usul Bumi Silampari.

Dalam kesempatan itu, Drs.Umar Solikhan, M.Hum. selaku Kepala Balai Provinsi Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Alumni Duta Bahasa Sumatra Selatan (Ikadubas Sumsel), penaja, kemitraan dan semua pihak yang telah mendukung seluruh rangkaian acara Pemilihan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021. Beliau memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, beliau berharap agar duta bahasa dapat terus eksis dan menjadi rekan balai bahasa dalam pemasyarakatan bahasa dan sastra, khususnya di kalangan generasi muda Sumatera Selatan.

Sedangkan Drs. Muh. Abdul Khak, M.Hum. selaku Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) turut memberikan sambutan kehormatan dengan mengingatkan kembali bahwa seluruh pemuda wajib mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara sesuai isi Sumpah Pemuda dan UU No. 24 tahun 2009. Namun, ada tugas tambahan masyarakat untuk berperan dalam upaya internasionalisasi bahasa Indonesia di tahun 2045 mendatang. 

Acara ini disiarkan secara langsung melalui akun instagram @dubassumsel dan secara luring menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri oleh lebih dari 150 orang yang terdiri atas pendukung calon duta bahasa dan tamu undangan, seperti pejabat, rekanan, dan pemenang kontes sejenis. Dengan dipandu oleh Annisa Syifana dan M. Thoha Riansyah, A.Md., S.K.M. serta dimeriahkan oleh para alumni sebagai penampil nyanyian yang mengisi sela-sela acara, sehingga acara berlangsung semakin semarak dan menarik.

Adapun daftar Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021 sebagai berikut:

Terbaik I  : Muhammad Fitrah (Universitas Sriwijaya) dan Shelly Aulia (Universitas Sriwijaya);
Terbaik II : Rizki Dinanda (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Palembang) dan Dina Rizki Maretha (Politeknik Negeri Sriwijaya);
Terbaik III : Fadlu Rahman (Universitas Indonesia) dan Vina Wahyuningsih (Universitas Sriwijaya);

Selain duta bahasa terbaik, acara ini juga menobatkan Muhammad Andhika Lamjati (Universitas Sriwijaya) dan Syifa Syafira Wulandari (Universitas Sriwijaya) sebagai Duta Bahasa Berbakat, serta Muhammad Daffa (Politeknik Negeri Sriwijaya) dan Tiara Tarasati (Universitas Sriwijaya) sebagai Duta Bahasa Persahabatan. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved