Breaking News:

Jadi Kader JKN, Jalan Umi Kalsum Membantu Sesama

Kader JKN hadir untuk memberi kemudahan kepada peserta JKN-KIS dalam hal membayar iuran,

Editor: Prawira Maulana
Jadi Kader JKN, Jalan Umi Kalsum Membantu Sesama
IST
Umi Kalsum.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG  - Kader JKN hadir untuk memberi kemudahan kepada peserta JKN-KIS dalam hal membayar iuran, mendapatkan informasi dan edukasi, membantu proses pendaftaran, juga sebagai sarana ketika peserta ingin menyampaikan pengaduan.

Itulah keseharian Umi Kulsum ketika melaksanakan tugasnya sebagai seorang Kader JKN. Ia melakukan kunjungan dari rumah ke rumah khususnya kepada peserta binaan yang menjadi tanggung jawabnya sesuai wilayah kerjanya. Kader JKN sendiri merupakan individu yang bekerjasama sebagai mitra BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kemitraan yang menjalankan sebagian fungsi penagihan BPJS Kesehatan dalam suatu wilayah tertentu. Kader JKN direkrut oleh BPJS Kesehatan dari masyarakat sekitar yang berada dalam suatu lingkungan wilayah.

"Sebagai Kader JKN, mengingatkan peserta JKN-KIS yang menunggak untuk segera membayarkan tunggakannya agar kartu JKN-KIS aktif dan tetap dapat digunakan adalah tugas saya," kata Umi.
Menurutnya, menjadi Kader JKN adalah salah satu caranya membantu sesama untuk pembiayaan Program JKN-KIS. Ia mengaku sangat bersemangat menjalankan tugas ini dan merasa bangga menjadi bagian dari sebuah program jaminan sosial kesehatan dan membantu masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS.

"Banyak kisah yang kami alami, mulai dari pengalaman menagih iuran sampai dengan masalah peserta menunggak yang enggan membayar. Menjadi kader terbaik bukan merupakan tujuan utama saya, membantu mengingatkan peserta JKN-KIS untuk tertib membayar iuran adalah yang terpenting. Selalu ada kepuasan tersendiri saat kita dapat mengajak masyarakat untuk membayar iuran yang tertunggak,” tutur Umi.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved