Breaking News:

Pilpres 2024

Melihat Peluang Prabowo, AHY, Hingga Anies, Usai Airlangga Sudah Kantongi 3/4 Tiket Pilpres 2024

Melihat Peluang Prabowo, AHY, Hingga Anies, Usai Airlangga Sudah Kantongi 3/4 Tiket Pilpres 2024

Editor: Slamet Teguh
Kompas.com
Airlangga Hartarto 

TRIBUNSUMSEL.COM - Ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) masih akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Namun nyatanya, sejumlah tokoh sudah disebut bakal maju dalam ajang Pilpres 2024 ini.

Yang terbaru, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA baru saja merilis hasil survei nasional tentang calon Presiden 2024 dengan kesimpulan belum ada calon presiden kelas premium dengan elektabilitas 25 persen ke atas.

Menurut Ketua Fraksi Golkar di MPR RI Idris Laena, temuan ini menarik, karena Airlangga Hartarto disebut sebagai king maker Pilpres 2024 karena mengantongi 3/4 tiket menjadi capres.

Menurutnya, setidaknya ada tiga catatan penting yang perlu disimak.

Pertama, Airlangga Hartarto sebagai salah satu dari tiga king and queen maker Pilpres 2024. Karena sebagai ketua umum partai terbesar kedua perolehan kursinya di parlemen, maka Airlangga Hartarto sudah mengantongi 3/4 tiket untuk menjadi Capres atau Cawapres.

Dengan perolehan 85 kursi atau 12.31 persen jumlah suara, maka Golkar hanya membutuhkan 30 kursi atau cukup bekerjasama dengan satu partai politik.

Kedua, hasil survei menunjukkan elektabilitas Airlangga Hartarto dari hari kehari semakin meningkat signifikan. Idris Laena menjelaskan, pada rilis hasil survei LSI Denny JA, elektabilitas Airlangga Hartarto masuk dalam lima besar dengan urutan ke-5 atau 5.3 persen.

Namun beberapa lembaga survei yang menempatkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden potensial.

Ketiga, LSI Denny JA, menganggap Airlangga sebagai calon yang paling lengkap, disamping sebagai king maker 2024, juga potensial untuk jadi calon presiden ataupun calon wakil presiden.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved