Breaking News:

Gerhana Matahari

Gerhana Matahari dapat dilihat di Palembang Sumatera Selatan? Ini Informasi dan Jadwal Kemunculanya

Fenomena bersejarah gerhana matahari akan muncul ke permukaan bumi, setelah kemunculan fenomena super blood moon pada mei 2021 yang sempat menghebohka

Penulis: Anggraini Munanda Effani
Editor: Anggraini Munanda Effani
earthsky.org
Gerhana Matahari dapat dilihat di Palembang Sumatera Selatan? Ini Informasi dan Jadwal Kemunculanya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Gerhana Matahari dapat dilihat di Palembang Sumatera Selatan? Ini Informasi dan Jadwal Kemunculanya.

Fenomena bersejarah gerhana matahari akan muncul ke permukaan bumi, setelah kemunculan fenomena super blood moon pada mei 2021 yang sempat menghebohkan jagat raya.

Akan ada lanjutan fenomena gerhana matahari cincin.

Indonesia khususnya wilayah sumatera selatan ( sumsel ) menjadi salah satu wilayah yang pernah menyaksikan gerhana matahari total yang terjadi pada 9 maret 2016 lalu.

Pada saat itu seluruh permukaan bumi menjadi gelap selama beberapa saat.

Di tahun 2021 ini fenomena bersejarah ini akan terulang kembali yang di tetapkan pada kamis tanggal 10 juni 2021.

Jika di tahun 2016 fenomena yang terjadi adalah gerhana matahari total di tahun ini gernahana matahari yang akan muncul adalah gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari cincin merupakan fenomena dimana bulan, matahari, dan bumi akan barada di satu barisan membentuk lurus, sehingga menyebabkan kondisi bulan jatuh pada bumi.

Bulan berukuran 400 kali lebih kecil di bandingan dari ukuran matahari. dan berjarak sekitar 400 kali lebih dekat dengan bumi sehingga akan membentuk sebuah cincin.

Namun sangat disayangkan, gerhana matahari cincin yang terjadi di tahun 2021 ini tidak dapat di saksikan seluruh wilayah Indonesia. termasuk sumatera selatan ( sumsel ) padahal masyarakat cukup antusia untuk menyaksikannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved