Breaking News:

Beasiswa Pendidikan

Cara Mendaftar Bidikmisi Online Tahun 2021, Berikut Alur, Persyaratan dan Ketentuan Pendaftarannya

Bidikmisi merupakan salah satu bantuan biaya pedidikan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui direktorat jenderal Pendidikan tinggi, kementerian P

Penulis: Anggraini Munanda Effani
Editor: Anggraini Munanda Effani
AnakUntad.com
Cara Mendaftar Bidikmisi Online Tahun 2021, Berikut Alur, Persyaratan dan Ketentuan Pendaftarannya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Cara Mendaftar Bidikmisi Online Tahun 2021, Berikut Alur, Persyaratan dan Ketentuan Pendaftarannya.

Bidikmisi merupakan salah satu bantuan biaya pedidikan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui direktorat jenderal Pendidikan tinggi, kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Bantuan ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu ekonomi dan juga memiliki potensi akademik yang sangat baik dalam menempuh Pendidikan di perguruan tinggi dengan program studi yang unggulan sampai lulus tepat waktu.

Program bidikmisi memiliki tujuan memberikan bantuan biaya untuk Pendidikan kepada valon mahsiswa yang memenuhi syarat- syarat mendapatkan bantuan bidikmisi, meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa terkhusus mahasiswa yang mengalami kendala ekonomi.

Dalam pendaftaran Bidikmisi bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu dengan cara offline yaitu mendaftar langsung di perguruan tinggi yang dituju, cara online, dan semi online.

Cara pendaftaran bidikmisi online adalah sebagai berikut :

1. Cara melakukan pendaftaran online bidikmisi oleh sekolah

  • Sekolah melakukan pendaftaran diri sebaai sebuah instansi pemberi rekomendasi kepada peserta bidikmisi melalui link http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/
  • Setelah halaman terbuka, maka akan muncul 2 pilihan yaitu fitur untuk sekolah yang sudah terdaftar dan sudah memiliki akun dan fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar bidikmisi, jika sekolah pernah mendaftar maka pilih fitur “sudah terdaftar” dan untuk yang belum pernah terdaftar maka pilih “belum terdaftar”
  • Untuk sekolah yang belum memiliki akun bidikmisi, maka harus melakukan pengisian data sekolah terlebih dahulu dengan melampirkan hasil scan dari beberapa berkas pendaftaran yaitu berupan identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor kode akses sekolah.
  • Tunggu Verifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam
  • Setelah diverifikasi, maka sekolah dapat login melalui link http://bidikmisi.belmawa.ristek.dikti.go.id/sekolah/ dengan menggunakan NPSN dan kode akses sekolah dan memilih fitur “sudah terdaftar” untuk merekomendasikan peserta bidikmisi.
  • Setelah mendaftarkan peserta bidikmisi maka sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masig-masing siswa peserta bidikmidi.
  • Berikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada peserta bidikmisi
  • Selanjutnya peserta akan melakukan pendaftaran online bidikmisi

Baca juga: Bagaimana Caranya Terdaftar Sebagai Peserta KIP (Kartu Indonesia Pintar)? Berikut Alur & Persyaratan

Baca juga: Apa Saja Pembiayaan yang Ditanggung Beasiswa KIP Kuliah? Berikut Nominal Bantuannya

2. Cara melakukan pendaftaran online bidikmisi oleh siswa

  • Calon peserta dapat membuka situs resmi pendaftaran bidikmisi untuk siswa yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
  • Kemudian siswa bisa login dengan memasukan nomor pendaftaran dan kode akses siswa.
  • Kemudian calon peserta bidikmisi melakukan pengisian biodata diri dengan benar dan lengkap.
  • Jika semua data telah terisi, maka periksalah Kembali data tersebut agar dapat memastikan kebenaran data anda.
  • Selanjutnya cetaklah kartu tanda peserta bidikmisi
  • Kemudian lakukan pendaftran untuk mengikuti seleksi jalur yaitu bidikmisi SNMPTN atau bidikmisi SBMPTN.

Agar dapat menjadi peserta bidikmisi, maka harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Berikut persyaratan perserta bidikmisi :

1. Peserta bidikmisi Harus siswa SMA/SMK/MA atau Sederajat yang lulu pada tahun 2020

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved