Breaking News:

Tips Mengusir Tikus

Tikus Bandel di Dalam Rumah? Ini 6 Tips Khusus Mengusir Tikus dari Rumah

Harus dicari cara agar tikus hilang dari rumah. Hanya saja kita kadang bingung, bagaimana cara mengusir tikus bandel itu?

Pixabay
Tikus yang berada di rumah benar-benar menganggu. Bukan hanya merusak perabotan, tikus sering bikin suara berisik dan mendatangkan penyakit. 

TRIBUNSUMSEL.COM--Kita sering kali merasa terganggu dengan adanya tikus di rumah. Selain sering merusak perabot, mencuri makanan, buang kotoran sembarangan, dan berbau busuk, suara gaduh, tikus juga bisa membawa banyak penyakit berbahaya.

Oleh karena itu harus dicari cara agar tikus hilang dari rumah. Hanya saja kita kadang bingung, bagaimana cara mengusir tikus bandel itu?

Sering kali orang mengusir tikus dengan menggunakan racun. Tikusnya memang mati, namun racun untuk membasmi tikus ini kerap kali akhirnya menyebabkan bau bangkai menyengat di sekitar rumah.

Tikus suka bersembunyi di tempat-tempat sempit, karena ukurannya yang mungil. Oleh karena itu pastikan setiap lobang kecil yang ada di dinding ditutup. Sebab, mengetahui “tempat bermain” tikus, bisa menjadi kunci dari mengusirnya dari rumah.

Berikut berapa cara mengusir tikus di rumah.

1. Siapkan perangkap

Memasang perangkap sebagai cara paling jitu mengusir tikus. Banyak jenis jebakan tikus yang bisa dibeli di swalayan atau toko perabotan rumah. Jika Anda tidak ingin membunuhnya, gunakan jebakan yang bisa menangkap tikus, seperti lem tikus atau perangkap.

Pastikan juga untuk meletakkan makanan sebagai umpan untuk menarik perhatian tikus, seperti potongan ikan goreng, roti, dsb. Setiap pagi, selalu cek perangkap yang sudah dipasang. Jika ada tikus yang tertangkap, langsung lepaskan tikus di luar rumah, ke tempat yang tidak berpenghuni, agar tidak kembali lagi. Jangan menyentuh tikus secara langsung, agar terhindar dari penyakit.

2. Semprotkan larutan cabai atau merica

Menaruh umpan beracun sangat berisiko tinggi, apalagi jika tersentuh oleh anak-anak maupun hewan peliharaan. Ada baiknya menggunakan larutan cabai, atau merica yang bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus dengan bau menyengatnya itu. Semprotkan larutan cabai di tempat yang sering dikunjungi tikus, seperti di bawah kompor, atau di belakang lemari.

Halaman
12
Editor: Hanafijal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved