Breaking News:

Larangan Mudik

Speedboat Angkutan Perairan di Sungai Musi Tetap Operasi, Kapasitas Penumpang Cuma 50 Persen

Dermaga bawah Jembatan Ampera, masih terlihat aktivitas speedboat yang mengangkut penumpang dengan berbagai tujuan.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH
Speedboat di perairan Sungai Musi Masih tetap beroperasi angkut penumpang, Sabtu (8/5/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Saat di jalur mudik khususnya di darat dilakukan penyekatan dengan ketatnya, lain halnya dengan jalur perairan.

Dari pantauan Tribunsumsel.com di kawasan dermaga bawah Jembatan Ampera, masih terlihat aktivitas speedboat yang mengangkut penumpang dengan berbagai tujuan. Baik itu speedboat dengan mesin 400 PK, 200 PK bahkan mesin 40 PK masih bisa beroperasi, Sabtu (8/5/2021).

Nampaknya, hal ini sama seperti informasi yang tersebar melalui media sosial terhadap warga yang sering memanfaatkan speedboat menjadi sarana transportasi satu-satunya diperairan.

Adapun isi pesan tersebut
Izin rekan2 ku Kades dan dulur ku di air sugihan, terkait pemberlakukan Penyekatan arus mudik lebaran th 2021 dan antisipasi penyebaran virus covid 19.
Alhamdulilah Utk moda Transportasi kita khusus palembang - Jalur ( speed penumpang/motor air), utk tgl 6 sampai 17, masih tetap beroperasional seperti biasa, hanya saja utk penumpangnya dibatasi 50 persen, dan tetap patuhi prokes, dan utk penyekatan/ pemeriksaan di Pos siaga covid desa, tetap di berlakukan mulai tgl 3 Mei nanti. Yg ditutup tdk boleh opsnal utk speed jurusan dari dan ke bangka. Mudah2an tidak ada perubahan
lagi.

Hal ini memang benar adanya, karena terlihat masih ada aktivitas pengangkutan penumpang di dermaga bawah jembatan Ampera untuk berbagai tujuan di wilayah perairan.

Nampaknya, tidak ada imbauan dari pihak yang berwenang mengenai larangan mudik dari pemerintah pusat. Hal berbeda dengan di darat, penyekatan dan pemeriksaan secara ketat terus dilakukan aparat gabungan agar tidak ada pemudik yang bisa lolos dan masuk ke wilayah Sumsel atau wilayah kabupaten kota.

Sedangkan pantauan di pelabuhan Boom Baru Palembang, tidak terlihat lagi aktivitas kapal cepat yang datang dari Bangka.

Sedangkan owner Kapal Cepat Express Bahari Kurmin yang dihubungi mengatakan pihaknya sudak tidak beroperasional lagi berdasarkan instruksi pemerintah mengenai larangan mudik sejak tanggal 6 hingga 17 Mei mendatang.

"Hanya kapal logistik saja yang masih beroperasi. Untuk kapal penumpang sudah tidak lagi beroperasi," katanya ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Anggota Pol PP Ogan Ilir Ditemukan di Rumah Kekasih, Keluarga Bantah Alfiyana Berbadan Dua

Baca juga: Pemkab Lahat Kembali Temukan Nisan Kuno Terkubur di Kebun Warga, Ada Pahatan Relief

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved