Breaking News:

Kunci Jawaban SD

Bagaimana Cara Menghargai Kegiatan Orang Lain Dalam Usaha, Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5

Lakukan Diskusi Bertema Cara Menghargai Kegiatan Orang Lain Dalam Usaha Kunci Jawaban Tematik 9 Kelas 5 Subtema 3, Pembelajaran 4 Halaman 160.

Tribun Sumsel
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD. Tentang cara-cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki budaya masing-masing. Lakukan diskusi bertema cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha. Kunci jawaban tema 9, kelas 5 halaman 160.

Tematik 9 Kelas 5 SD/MI Subtema 3: Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran 4.

Disclaimer : Kunci jawaban di bawah hanya sebagai panduan bagi orang tua. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di bawah.

Baca juga: Informasi Apa Saja Kamu Peroleh dari Iklan Dilihat Edo di Televisi? Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5

Baca juga: Iklan Apa yang Dilihat Oleh Edo di Koran? Apa Jenisnya? Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139-142

Ayo Membaca (Halaman 158-159)

Tahukah kamu Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam? Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki budaya masing-masing. Keanekaragaman budaya juga merupakan suatu kekayaan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam, memengaruhi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Beragamnya budaya membuat mata pencaharian masyarakat Indonesia juga beraneka ragam.

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut.

• Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
Mata pencaharian masyarakat di Indonesia sangat beragam, mulai dari pedagang asongan, pengamen, pegawai, karyawan swasta, hingga pengusaha. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan. Misalnya, kamu mendapati seorang pengamen yang mencari uang dengan berjalan dari rumah ke rumah sambil bernyanyi. Kamu harus tetap menghormatinya, tidak boleh mencela bahkan merendahkan.

• Menghormati orang yang sedang bekerja.
Kamu harus menghormati orang yang sedang bekerja, tidak peduli pekerjaan itu bagus atau tidak menurut kamu. Misalnya, kamu sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya kamu menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.

• Menghargai pekerjaan orang lain.
Apa pun pekerjaan orang lain harus tetap dihargai. Jangan pernah membeda-bedakan orang hanya berdasarkan pekerjaan saja. Sebagai peserta didik, kamu harus menghargai pekerjaan siapa pun. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.

• Membiasakan membeli produk-produk lokal.
Sebagai contoh, tetanggamu memiliki usaha produksi sandal dan tas. Jika kamu ingin membeli tas dan sandal, sebaiknya belilah
produk dari tetanggamu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk menghargai mata pencaharian masyarakat.

Halaman
1234
Penulis: Novaldi Hibaturrahman
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved