Breaking News:

Akuntabilitas Kinerja Sangat Baik, Pemprov Sumsel Dapat Reward DID Senilai Rp 9 M dari Kemenpan-RB

Atas prestasinya meraih Kategori BB (Sangat Baik) ini Provinsi Sumsel berhak mendapatkan reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp9 miliar.

HUMAS PEMPROV SUMSEL
Provinsi Sumsel meraih penghargaan atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2020 dengan predikat nilai BB (Sangat Baik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Daftar panjang prestasi Provinsi Sumsel di bawah komando Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali bertambah.

Setelah sebelumnya Ia meraih penghargaan sebagai Pembina K-3 Terbaik di Indonesia pada akhir April, kini Gubernur HD berhasil mengantarkan Provinsi Sumsel meraih penghargaan atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2020 dengan predikat nilai BB (Sangat Baik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Atas prestasinya meraih Kategori BB (Sangat Baik) ini Provinsi Sumsel berhak mendapatkan reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp9 miliar.

Seperti diketahui melalui suratnya kepada Gubernur Sumsel, Menpan RB RI Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa berdasarkan PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi pemerintah dan PP Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja instansi, pihaknya telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja pada Pemprov Sumsel.

Dalam surat Menpan RB RI itu juga disebutkan tujuan evaluasi dari Menpan RB RI tersebut adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented goverment) serta memberikan saraan perbaikan yang diperlukan.

"Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pemprov Sumsel memperoleh predikat BB. Penilaian tersebut menunjukkan bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di pemerintah provinsi Sumsel telah menunjukkan hasil yang baik" jelasnya tegas Menpan RB RI Tjahjo Kumolo.

Sementara itu Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sumsel, Muhammad Zaki Aslam, M.Si menjelaskan bahwa Kemenpan RB pada tanggal 28 September 2020 telah melakukan evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja Pemprov Sumsel melalui zoom meeting yang pesertanya merupakan seluruh Perangkat Daerah Provinsi Sumsel.

Dikatakannya bahwa hasil evaluasi terhadap AKIP Pemerintah Provinsi Sumsel tahun 2020 tersebut, Pemprov Sumsel termasuk Provinsi yang mendapat nilai Kategori BB (sangat baik) dari Kemenpan RB. Adapun penghargaan berupa piagam ini dianugerahkan oleh Menpan RB melalui zoom meeting diikuti seluruh Pemprov/Kab/kota se Indonesia pada Kamis 22 April 2021.

Dikatakan Zaki, penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah (LKjlP) Pemprov Sumsel setiap tahun yang dalam hal ini disusun oleh Biro Organisasi Setda Pemprov Sumsel dengan berkoordinasi dengan Inspektorat daerah Provinsi Sumsel dengan hasil penelitian SAKIP Pemprov Sumsel selama kepemimpinan Gubernur H. Herman Deru dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 selalu mengalami peningkatan sebagai berikut di tahun 2018 (78,71), tahun 2019 (78,84) dan tahun 2020 (78,94).

"Sejak tahun 2018 sampai 2020 penilaian SAKIP Pemprov Sumsel selalu naik dengan kategori BB (Sangat Baik). Karakteristiknya adalah Akuntabel, berkinerja baik, dan memiliki sistem manajemen kinerja yang andal.

Ikuti Kami di Google Klik

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved