Palembang Zona Merah

Kasus Positif Melonjak, Ruang Rawat Inap Pasien Covid-19 Sejumlah RS Palembang Penuh

Memang benar kamar pasien covid penuh. Mungkin sekitar 2 minggu sampai satu bulan terakhir sudah penuh.

tribunsumsel.com/khoiril
Tingginya angka pasien covid-19 Sumsel dalam beberapa waktu terakhir berdampak pada penuhnya kamar rawat inap bagi pasien covid-19 di sejumlah rumah sakit di Palembang. Gambar hanya ilustrasi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tingginya angka pasien covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) dalam beberapa waktu terakhir
nyatanya juga berdampak pada penuhnya kamar rawat inap bagi pasien covid-19 di rumah sakit.

Seperti yang terjadi di RSI Siti Khadijah Palembang yang ruang rawat inap bagi pasien covid-19 telah penuh sejak beberapa minggu terakhir.

"Memang benar kamar pasien covid penuh. Mungkin sekitar 2 minggu sampai satu bulan terakhir sudah penuh," ujar Kepala Urusan Humas RSI Siti Khadijah Palembang, Liti Gustina SKM saat dikonfirmasi, Selasa (4/5/2021).

Setidaknya RSI Siti Khadijah memiliki kapasitas 60 tempat tidur bagi pasien covid-19.

Sedangkan untuk pasien covid-19 dengan kondisi berat atau membutuhkan bantuan ventilator, tersedia ICU khusus yang tersedia 6 kamar tidur di dalamnya.

Namun kini seluruh ruang perawatan tersebut penuh terisi pasien.

"Kondisi ini terjadi seiring dengan melonjaknya kasus covid-19 di Palembang. Jadi sejak kasus melonjak, pasien terus saja berdatangan," ujarnya.

Liti mengatakan, kondisi tersebut telah dilaporkan ke Dinas Kesehatan selaku instansi terkait.

Sedangkan RSI Siti Fatimah sendiri tetap memberikan pelayanan kepada pasien yang datang meski dengan keterbatasan yang ada.

"Untuk pasien covid, kalau ada kamar (kosong) maka akan kita masukkan. Kalaupun kondisinya masih memungkinkan untuk isolasi mandiri, ya kita sarankan untuk isolasi mandiri. Jadi setiap pasien yang masuk kesini kita screening dulu yang memang betul-betul membutuhkan perawatan, misalnya ada gejala yang baru kita rawat. Sedangkan bila tidak, maka kita sarankan untuk isolasi mandiri," ujarnya.

Tak hanya ruang perawatan pasien covid-19 saja yang penuh, hal serupa ternyata juga terjadi di ruang rawat inap bagi pasien selain covid-19.

"Untuk pasien non-covid, ruang rawat inapnya tidak sampai penuh, tapi memang terus mengalami peningkatan selama beberapa minggu terakhir. Saya kurang tahu didominasi oleh pasien sakit apa, tapi yang jelas memang ada peningkatan pasien beberapa waktu terakhir," ujarnya.

Kondisi serupa nyata juga terjadi di RS Siloam Sriwijaya Palembang.

Nursing Division Head RS Siloam Sriwijaya Ns. Benedikta Betty Bawaningtyas, SKep mengatakan, dibanding Ramadhan tahun sebelumnya, di tahun ini peningkatan pasien justru meningkat.

"Untuk ruang rawat inap pasien non-covid, trendnya naik. Dibandingkan puasa tahun sebelumnya, lebih banyak pasien tahun ini. Tapi memang untuk kapasitas tempat tidur masih ada," ujarnya.

Sedangkan untuk HCU dan ICU pasien covid-19 di RS Siloam Sriwijaya ada 10 tempat tidur yang tersedia dan semuanya penuh setiap hari.

"Begitu pula dengan isolasi covid-19 juga selalu terisi. Pasien pesan kamar, begitu kosong akan dihubungi untuk isolasi covid karena juga selalu penuh," ujarnya.

Baca juga: Melihat Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin, Tak Seseram yang Dibayangkan

Baca juga: Tindak Lanjut Aduan Masyarakat, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa Turun Langsung Cek Perbaikan Jalan

Ikuti Kami di Google Klik

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved