Breaking News:

Tips Mengolah Lobster

Cara Mudah Memilih, Bersihkan, dan Masak Lobster Jadi Empuk, Jangan Sampai Salah Mengolahnya

Jika kamu kebetulan beli lobster, maka dalam mengolah harus hati-hati. Sebab, jika cara mengolah lobster salah, menyebabkan dagingnya jadi alot.

(Pixabay)
Cara mengolah lobster, agar hasilnya empuk dan enak/ 

TRIBUNSUMSEL.COM--LOBSTER disebut-sebuat sebagai makanan mewah. Ya, karena memang harganya mahal. Oleh karena itu jika kamu kebetulan beli lobster, maka dalam mengolah harus hati-hati. Sebab, jika cara mengolah lobster salah, menyebabkan dagingnya jadi alot. Beli mahal-mahal tapi rasanya gak enak, kan pasti merugi.

Oleh karena itu ada baiknya kita ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Memilih lobster segar

Dalam buku "100 Resep Lezat Sebar Ikan & Seafood" (2011), karya Yuni Pradata, dkk yang diterbitkan oleh Galang Press Media Utama disarankan untuk membeli lobster hidup. Saat memilih lobster yang masih hidup, lihat apakah kaki lobster cepat merespon sentuhan dan cangkangnya masih keras dan kuat.

Jangan memilih lobster yang sudah tidak terlalu merespon gerakan atau cangkangnya yang sudah lembek. Bila membeli lobster dalam keadaan beku, pilih yang masih utuh bagian tubuhnya dan berwarna cerah.

Baca juga: Pedagang Pasar Sako Palembang Minta Pemerintah Bangun Pasar Malam Kuliner, Lengkap Fasilitas Hiburan

2. Membersihkan lobster

Koki Arnold Poernomo dalam tayangan MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (7/11/2020) mempraktikkan cara membersihkan lobster dengan benar.

* Pertama cuci lobster menggunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa pasir yang menempel pada lobster.
* Rebus air sampah mendidih. Daging lobster yang baru mati biasanya menempel di cangkang, perlu air panas untuk memisahkan daging lobster.

* Masukkan lobster ke dalam mangkuk stainless steel, posisinya ekor di bagian bawah. Siram air panas sampai ekor terendam. Diamkan beberapa saat.

* Letakkan lobster secara horizontal di atas talenan dengan kepala di bagian kanan. Ambil pisau, sebaiknya menggunakan yang besar mengingat cangkang lobster cukup keras. Belah kepala lobster tetapi tidak sampai putus.
* Pegang bagian kepala dan ekor, putar dan tarik keduanya sampai terlepas. Sisihkan ekor lobster.

Halaman
12
Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved