Breaking News:

Uang THR Tidak Boros Belanja

Uang THR Lebaran Langsung Habis Gegara Belanja? Ini Tips Ahli agar Tidak Boros

Dalam waktu sekejap, uang THR langsung ludes. Kadang kala, uang sudah habis pas hari lebaran. Muncul masalah, bagaimana setelah lebran?

Tribunsumsel.com
Kapan THR Karyawan Swasta 2021 Cair dan Cara Menghitung Besaran THR Karyawan Tetap dan Kontrak 

TRIBUNSUMSEL.COM--TUNJANGAN Hari Raya atau THR sudah cair. Bagi kalangan PNS atau ASN, TNI, dan Polri, disebut sebagai gaji 13. Tentu saja ini berita gembira. Dan menjadi kebiasyaan masyarakat, jika mendapatkan uang, termasuk THR, kerap kali digunakan untuk membeli kebutuhan belanja lebaran, termasuk baju baru, perabot, dan suasana interios rumah juga baru. Belum lagi belanjaan untuk lebaran, termasuk kue-2 dan minuman.

Tidak heran, dalam waktu sekejap, uang THR langsung ludes. Kadang kala, uang sudah habis pas hari lebaran. Muncul masalah, bagaimana setelah lebaran? Adakah uang cukup untuk melanja dapur dan kebutuhan pokok lainnya?

Jadi, sangat disarankan agar uang THR tidak harus dihabiskan untuk belanja yang boros, sekadar memenuhi hajat nafsu belaka. Belanjanya jangan kbablasan bro!

Sebaiknya uang THR dihemat dan dialokasikan ke hal yang penting-penting saja. Kelolalah uang THR selama bulan Ramadan hingga menjelang Iedul Fitri, sehingga kantong tidak kebocoran pasca lebaran.

Mari kita simak penjelasan dari seorang pakar, Legowo Kusumonegoro, penasihat untuk Wealth and Asset Management Indonesia (WAM Indonesia). Dia mengatakan, tidak sedikit orang yang mengeluh, pengeluarannya justru membengkak di sepanjang bulan Ramadan.

Tips menghemat uang THR selama Ramadan dan Lebaran:

1. Kendalikan hawa nafsu

Kamu perlu tahu faktor penyebab naiknya pengeluaran itu ada dua. Pertama, melonjaknya harga di sepanjang bulan Ramadan dan menjelang puasa lalu.

Misalnya kenaikan harga atau inflasi dari berbagai komoditas pangan yang datang dari faktor eksternal.

Kedua, meningkatnya jumlah atau frekuensi barang belanja. Faktor kedua ini semestinya bisa kita kontrol sendiri lo. Meskipun begitu, adanya godaan yang sering dikenal dengan lapar mata seringkali jadi penyebab jebolnya anggaran.

Halaman
123
Editor: Hanafijal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved