Breaking News:

Deklarasi Partai Ummat

Sejumlah Kadernya Jadi Pengurus Partai Ummat, Begini Respon PAN Sumsel

Partai Ummat, besutan Amien Rais  secara resmi telah dideklarasikan secara nasional dan deklarasi dilaksanakan bertepatan dengan 17 Ramadhan 1442 H.

TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF
Jajaran pengurus DPW partai Ummat provinsi Sumsel saat deklarasi serentak secara virtual di Hotel Swarna Dwipa Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--- Partai Ummat, besutan Amien Rais  secara resmi telah dideklarasikan secara nasional dan deklarasi dilaksanakan bertepatan dengan 17 Ramadhan 1442 H.

Di Sumsel sendiri, jajaran pengurus DPW partai Ummat Sumsel mengikuti acara deklarasi secara virtual di Hotel Swarna Dwipa Palembang, yang dilaksanakan secara sederhana. 

Menariknya, Amien Rais mendapuk mantan Ketua Bappilu dan mantan anggota DPRD Lahat Niko Fransisko swlaku Ketua DPW Partai Ummat Sumsel. Termasuk jabatan Sekretaris dijabat mantan kader PAN Fitra jaya Purnama.

Sejumlah pengurus PAN di Sumsel lainnya, terlihat masih "malu- malu" untuk bergabung, dan masih melihat perkembangan dari partai Ummat setelah dideklarasikan. Namun dilapangan sebagian besar pengurus partai Ummat dari kader PAN.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua DPW PAN Sumsel Abdul Azis Kamis, tak mempersoalkan berdirinya partai Ummat terutama di Sumsel. Ia menilai partai Ummat bukan ancaman bagi PAN kedepan, dan berharap partai Ummat bisa menjadi peserta pemilu kedepan.

"Saya ucapkan selamat atas dideklasikannya Partai Ummat, semoga dapat lolos sebagai partai dan peserta pemilu 2024 mendatang," kata Azis, Sabtu (1/5/2021).

Pria yang saat ini menjabat staf khusus Gubernur Sumsel Herman Deru ini tak menampik jika ada mantan kader PAN, akhirnya berlabu ke partai Ummat nantinya, namun hal itu tidak akan mengganggu kesolidan PAN selama ini.

"Sebelum ini juga (lahir partai Ummat) banyak partai yang muncul, tentu dengan berbagai persyaratan yang ditentukan undang- undang. Tentu ada saja, kader PAN yang mencoba menjadi anggota partai Ummat," tuturnya.

Mantan calon senator (DPD) RI asal Sumsel ini, kader PAN yang menyebrang ke partai Ummat rata- rata mereka yang sudah tidak memiliki jabatan strategis di kepengurusan PAN, termasuk di eksekutif maupun legislatif.

"Yang jelas, kalau dari anggota dewan (gabung ke partai Umat) belum ada, kalau kader iya seperti Niko yang jadi Ketua Provinsinya," capnya.

Mengenai kabar, ada pimpinan sayap partai PAN yang diisukan ikut membelot, Azis mengungkapkan hal itu belum pasti. Namun, ia rasa jika harus melepaskan jabatan sebagai anggota legislatif hal itu tidak mungkin dilakukan.

"Kuraso belum berani dio berenti dari anggota dewan. Dio juga ketuo sayap partai provinsi," tukasnya.

Caption: Pengurus partai Ummat Sumsel

 
 

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved