Breaking News:

Kunci Jawaban SD

Sebutkan Akibat Apabila Tidak Mengutamakan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Keluarga

Sebutkan Akibat yang Timbul Apabila Tidak Mengutamakan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Keluarga. Tematik 9 Kelas 5 SD/MI Subtema 3 Pembelajaran 3

Tribun Sumsel
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 145. Sebab dan akibat yang dapat ditimbulkan karena tidak adanya persatuan dan kesatuan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Persatuan dan kesatuan sangat penting di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Sebutkan akibat yang timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga.

Kunci Jawaban Tematik 9 Kelas 5 SD/MI Subtema 3: Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran 3 Halaman 145.

Disclaimer : Kunci jawaban di bawah hanya sebagai panduan bagi orang tua. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di bawah.

Ayo Membaca (Halaman 143-144)

Persatuan dan kesatuan sudah seharusnya dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pembangunan bangsa. Persatuan dan kesatuan sangat penting di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya. Indonesia memiliki konteks persatuan bangsa. Persatuan memiliki makna bahwa apa pun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin. Beberapa sebab dan akibat yang dapat ditimbulkan karena tidak adanya persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Contoh Perilaku Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan dan Tidak Mencerminkan, Kunci Jawaban Kelas 5

Baca juga: Apa Menurutmu Kerukunan Itu? Tuliskan Pendapatmu, Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 44-45

1. Di lingkungan keluarga

• Terjadi pertengkaran di dalam keluarga
Apabila anggota keluarga selalu bertengkar dan tidak rukun, persatuan di dalam keluarga tidak akan terjadi. Setiap anggota keluarga harus rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan keluarga. Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah keluarga karena adanya unsur keegoisan dan tidak mau mengalah satu sama lain.

• Kurangnya keakraban di dalam keluarga.
Biasanya disebabkan karena kurangnya komunikasi antar anggota keluarga. Selain itu, pertengkaran yang selalu terjadi dalam sebuah keluarga juga menjadi penyebab kurangnya keakraban dalam keluarga.

• Kurangnya kerukunan di dalam keluarga
Sebuah keluarga seharusnya memiliki tujuan yang sama untuk diperjuangkan dan dicapai bersama. Ketika satu dengan lainnya memiliki perbedaan, maka ketidakrukunan bisa terjadi secara otomatis.

2. Di lingkungan sekolah

Halaman
1234
Penulis: Novaldi Hibaturrahman
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved