Breaking News:

LRT dan Integrasi Moda Transportasi di Palembang Dorong Peningkatan Jumlah Penumpang

ntegrasi antar moda transportasi menjadi salah satu indikator yang dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna Light Rail Transit

Editor: Prawira Maulana
RAHMALIA
Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan (BPKAR) Sumatera Selatan (Sumsel) Amanna Gappa saat audiensi dengan Walikota Palembang, H Harnojoyo Kamis (29/4/2021) 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Integrasi antar moda transportasi menjadi salah satu indikator yang dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna Light Rail Transit (LRT) di Kota Palembang. 

Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan (BPKAR) Sumatera Selatan (Sumsel) Amanna Gappa mengatakan, ini perlu dilakukan agar dapat mempengaruhi jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi massal, LRT. 

Apalagi, seperti diketahui sejak pandemi Covid-19 ada penurunan drastis jumlah penumpang LRT. Dimana untuk saat ini tingkat keterisian LRT masih dibawah 10 persen. 

"Selain itu, karena ada faktor kami juga mengurangi atau melakukan pembatasan jumlah penumpang setiap keberangkatan 30-40 persen," katanya, usai audiensi dengan Walikota Palembang, H Harnojoyo Kamis (29/4/2021)

Sehingga, lanjut Amannya perlu adanya integrasi moda transportasi semisal dari Trans Musi ke LRT. " saat ini kami akan lebih fokus dalam peningkatan pelayanan terhadap penumpang," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo mengungkapkan, Pemkot berupaya untuk meningkatkan kerjasama secara intensif terutama untuk integritas antar moda transportasi.

Salah satu kerjasama, lanjut Harno berupa upaya mendukung peningkatan penumpang LRT yang memang mengalami penurunan utamanya selama pandemi covid 19. 

"Kita akan kerjasama kartu yang terintegrasi yang dapat digunakan  dengan moda transportasi lainnya, seperti Trans Musi dan juga transportasi sungai," jelasnya. 

Sebelumnya, untuk mendukung penggunaan transportasi LRT pemkot Palembang sudah mengeluarkan himbauan agar ASN di setiap OPD dijadwalkan menggunakan LRT.   

"Himbauan sudah kita lakukan pada PNS, untuk lebih mendorong penggunaan LRT kedepan kita buatkan PNS satu kartu yang terintegrasi ini," katanya. (Yak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved