Breaking News:

Berita Palembang

10 OPD di Lingkungan Pemkot Palembang Raih Tata Kelola Kearsipan Predikat Baik

Walikota Palembang, H Harnojoyo memberikan piagam kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan hasil penilaian Tata kelola kearsipan terbaik. 

SRIPOKU/RAHMALIYAH
Walikota Palembang, H Harnojoyo memberikan piagam kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan hasil penilaian Tata kelola kearsipan terbaik, Kamis, (29/4/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Walikota Palembang, H Harnojoyo memberikan piagam kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan hasil penilaian Tata kelola kearsipan terbaik. 

Dari 53 OPD di lingkup Pemerintah Kota Palembang, 10 diantaranya mendapatkan predikat tata kelola kearsipan terbaik seperti Disnaker dan Kominfo Palembang, Dinas PUPR, Dinas PPA, DPM-PTSP,

Selanjutnya Bagian Tata Kesekretariatan Daerah Kota Palembang, Dishub Palembang, BKPSDM, Dinas Kearsipan. 

Harnojoyo pun mengapreasiasi atas capaian kinerja para OPD tersebut.

Ini harus bisa memacu OPD lain yang belum mendapatkan penghargaan.

"Ini harus ditiru oleh OPD lainnya, untuk mulai memperhatikan tata kelola kearsipan yang memang dibutuhkan dalam memudah pengawasan," katanya, Kamis  (29/4/2021).

Beberapa kriteria penilaian yang ditentukan, diantaranya penataan terbaik, rapi secara administratif dan lain sebagainya.

Semua OPD di lingkungan Pemkot Palembang sudah seharusnya memperhatikan tata kelola kearsipan. 

Karena pentingnya dokumen-dokumen arsip tersebut, Harnojoyo bahkan berpandangan jajarannya harus sigap dalam penataan, mengantisipasi jika sewaktu-waktu membutuhkan. 

"Bayangkan kalau tidak terarsip akan menjadi masalah," ujarnya

Selain itu, dengan kemajuan teknologi tentu OPD terkait juga saatnya untuk mulai melakukan pengarsipan dokumen secara digital.

"Saya pernah sampaikan kearsipan ini tak harus menggunakan metode lama pakai kertas/buku karena berpotensi rusak karena faktor usia dan rayap," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang, Gunawan mengatakan, tata kelola kearsipan dibawah kelola Kearsipan Kota Palembang secara nasional memiliki predikat sangat baik. 

"Karenanya ini harus diperhatikan pula bagi OPD yang cukup/belum memiliki tata kelola arsip yang baik. Ketika tidak memiliki kearsipan yang baik bisa menjadi cerminan bahwa kinerja OPD tersebut tak begitu baik dan ini harus segera diperbaiki," katanya.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved