Breaking News:

Aneka Tips

Tips Aman Mengemudi Mobil di Jalan Bagi Perempuan

Sudah lumrah kaum hawa terkadang membawa mobil sendiri untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari baik untuk kepentingan keluarga atau dirinya sendiri.

tribunsumsel.com/khoiril
Tips aman mengemudi mobil bagi perempuan. Gambar ilustrasi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pengemudi mobil di jalanan saat ini bukan dilakukan oleh pria saja tapi juga wanita.

Sudah lumrah kaum hawa terkadang membawa mobil sendiri untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari baik untuk kepentingan keluarga atau dirinya sendiri.

Risiko mengemudi di jalan selalu ada dan harus diperhatikan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Kartini masa kini saat berkendara di balik kemudi mobil.

  • 1. Pahami spesifikasi kendaraan dan gunanya

Jangan pernah mengemudi mobil tanpa mempelajari aspek teknisnya. Meskipun tebal, sempatkan membaca buku manual kendaraan karena banyak informasi penting, seperti cara mengoperasikan fitur mobil atau menghadapi kondisi darurat seperti ban bocor. Duduklah di bangku sopir dan pelajari area kokpit sehingga dapat memahami operasional berbagai fitur mobil.

  • 2. Cek Surat-Surat Kendaraan

Terkesan sepele, namun bila sampai SIM atau STNK mati akan mengakibatkan timbul masalah di jalan seperti kena tilang polisi. Selain itu, surat-surat yang sudah tidak berlaku seperti SIM akan menyulitkan saat terlibat masalah dengan pihak ketiga seperti mengurus asuransi kecelakaan, bahkan ada risiko klaim asuransi ditolak.

Saat ini penting juga untuk mengingatkan diri agar SIM diperpanjang lebih awal sehingga terhindar dari konsekuensi pengurusan SIM seperti awal kepemilikan.

  • 3. Mengemudi dengan aman

Selalu terapkan prinsip mengemudi aman dan tidak melakukan manuver sembrono yang dapat merugikan sesama pengguna jalan.

Patuhi aturan dan etika berkendara seperti menyalakan lampu sein saat belok atau tidak berhenti sembarangan. Dan yang paling penting, jangan alihkan fokus berkendara seperti menggunakan ponsel atau merias wajah (melakukan make up), apalagi sampai melakukan selfie sambil melaju di jalan.

  • 4. Tingkatkan kemampuan mengemudi

Banyak pengguna mobil yang belajar secara otodidak sehingga kemampuan mengemudinya harus ditingkatkan. Tingkatkan skill mengemudi, seperti olah kemudi saat parkir atau darurat di kecepatan tinggi, termasuk skill mengenai perilaku, etika, dan kebiasaan yang aman saat di balik kemudi.

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved