Breaking News:

Semangat Vivi Peserta JKN-KIS Ajak Warga Terapkan Pola Hidup Sehat

Ada sebagaian orang mungkin secara finansial kuat, tapi ketika mereka sakit secara kesehatan tidak kuat. Akhirnya tidak bisa bahagia.

ISTIMEWA
Vivi Sumiati (25), salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Prabumulih. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Hidup sehat adalah impian semua orang, tanpa mengenal sekat dan stratifikasi sosial. Demikian kata Vivi Sumiati (25), salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Prabumulih. Perempuan ini mengatakan bahwa kekayaan atau harta yang melimpah tidak akan nikmat jika seseorang berada dalam keadaan sakit.

“Ada sebagaian orang mungkin secara finansial kuat, tapi ketika mereka sakit secara kesehatan tidak kuat. Akhirnya tidak bisa bahagia dan tidak bisa menikmati hidup. Apalagi jika tanpa jaminan kesehatan, uangnya digunakan untuk bayar pengobatan dan rumah sakit. Kalau sudah ada JKN-KIS paling tidak kita sudah terlindungi dari biaya pelayanan kesehatan yang sekarang bukan sesuatu yang murah dan dapat dibayar oleh setiap orang" kata Vivi, Kamis (1/4/2021).

Sehari-hari Vivi menjaga asupan makanannya. Menurutnya, menjaga kesehatan juga tidak mengenal usia, begitu juga dengan sakit. Setiap usia bisa saja terkena sakit dan setiap usia dapat melakukan pola hidup sehat.

“Inginnya di usia 60-70 tahun saya bisa main sama cucu-cucu atau mungkin masih bisa melihat anak saya menikah dan segala macam. Saya mencoba melakukan pola hidup sehat, bukan untuk orang lain, tapi untuk diri saya sendiri. Menghindari gorengan, tidur dengan teratur dan rajin minum air putih," jelas Vivi.

Selain mengatur pola makan, Vivi juga melakukan olahraga lari dan bersepeda. Menurutnya melakukan kombinasi olahraga dapat mengurangi rasa bosan terhadap olahraga. 

Menurut Vivi, orang yang sudah menjalankan pola hidup sehat pun masih ada kemungkinan terkena penyakit apalagi orang yang tidak menjalani pola hidup sehat sama sekali. Oleh karena itu untuk meminimalisir penyakit, terapkan pola hidup sehat dengan baik dan lindungi diri dan keluarga dengan Program JKN-KIS.

Vivi juga mengatakan, zaman sekarang semua serba digital dan masa pandemi seperti ini masyarakat ingin dapat mengakses layanan kesehatan hanya dari rumah saja.

“Melalui Mobile JKN, jika harus ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kita dapat mengambil nomor antrean melalui aplikasi Mobile JKN. Kalau mau mengantre di FKTP ada fitur pendaftaran pelayanan. Kalau mau konsultasi langsung dengan dokter di FKTP juga bisa, ada fitur konsultasi dokter,” ungkap Vivi.

Ikuti Kami di Google Klik

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved