Breaking News:

Tilang Elektronik

Cara Cek Kena Tilang Elektronik atau Tidak, Siapkan STNK, Masukkan Data yang Diperlukan

Tilang Elektronik ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement untuk tahap pertama telah diberlakukan secara Nasional sejak 23 Maret 2021. Terdapat s

polda metro jaya
Cara Cek Kena Tilang Elektronik atau Tidak, Siapkan STNK Untuk Memasukkan Data yang Diperlukan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Cara Cek Kena Tilang Elektronik atau Tidak, Siapkan STNK Untuk Memasukkan Data yang Diperlukan.

Tilang Elektronik ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement untuk tahap pertama telah diberlakukan secara Nasional sejak 23 Maret 2021.

Terdapat sebanyak 244 kamera tilang elektronik yang terpasang di 12 Provinsi di Indonesia mulai dari Polda Metro Jaya (Jakarta), Daerah Isitimewa Yogyakarta, Jawa Timut, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Utara Dan Sulawesi Selatan.

Lalu bagaimana cara mengetahui jika kita kena Tilang Elektronik atau tidak?

Nah, untuk wilayah Jakarta dan yang wilayahnya dibawah Polda Metro Jaya, silahkan mengecek pada laman https://etle-pmj.info/id/check-data dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

1. Buka laman https://etle-pmj.info/id/check-data

2. Kemudian, masukkan Nomor Plat Kendaraan, Nomor Mesin Kendaraan Dan Nomor Rangka Kendaraan (seputar data ini bisa anda cek di STNK)

3. Jika semua data telah terisi dengan benar klik “Cek Data”

4. Jika anda pernah melakukan pelanggaran baik yang disengaja maupun tidak disengaja, maka data pelanggaran akan keluar pada layar. Anda akan melihat catatan seputar Waktu, Lokasi, Tipe Kendaraan, beserta Status Pelanggarannya.

5. Namun, jika tidak ada pelanggaran. Maka akan keluar kalimat ‘No Data Available atau Data Tidak Ditemukan’ pada layar anda.

Dan untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta atau D.I.Y, bisa mengetahui kena Tilang Elektronik atau tidaknya di laman https://www.etle-diy.info/id/check-data

Baca juga: Uji Coba Jelang Penerapan Tilang Elektronik di Palembang, 4 Hari Terekam 1.500 Pelanggaran

Baca juga: Sosialisasi Etle Tilang Elektronik WIlayah Palembang dan Sekitarnya

Itulah Cara Cek Kena Tilang Elektronik atau Tidak Untuk Wilayah Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis: Anggraini Munanda Effani
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved