Breaking News:

Tilang Elektronik

10 Pelanggaran Tilang Elektronik dan Tahapan Penilangannya, Bayar Melalui BRIVA (Non tunai)

Sehubungan dengan dimulainya pelaksanaan sistem tilang elektronik pada 23 Maret lalu, ada sejumlah informasi yang perlu diketahui terkhususnya bagi pe

polda metro jaya
10 Pelanggaran Tilang Elektronik dan Tahapan Penilangannya, Bayar Melalui BRIVA (Non tunai) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - 10 Pelanggaran Tilang Elektronik dan Tahapan Penilangannya, Bayar Melalui BRIVA (Non tunai).

Sehubungan dengan dimulainya pelaksanaan sistem tilang elektronik pada 23 Maret lalu, ada sejumlah informasi yang perlu diketahui terkhususnya bagi pengguna yang lebih sering menggunakan kendaraan pribadi.

Tilang elektronik secara nasional tahap pertama resmi diberlakukan pada Selasa, 23 Maret 2021 secara serentak di 12 wilayah hukum Kepolisian Daerah.

Tercatat bahwa sebanyak 244 kamera tilang elektronik telah terpasang di 12 wilayah hukum Kepolisian Daerah yaitu Polda Riau, Sumbar, Jambi, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, DIY, Jateng, Jatim, Sulsel dan Sulut.

Untuk titik pemasangan kamera paling banyak berada di wilayah Polda Metro Jaya dengan total ada 98 kamera eletronik yang terpasang, wilayah Polda Jawa Timur dengan 55 kamera dan ketiga terbanyak pemasangan kamera ada di Polda Jawa Barat dengan total pemasangan 21 kamera elektronik.

Lalu apa saja jenis pelanggaran yang akan ditindaklanjuti berdasarkan bukti tilang elektronik dan bagaimana mekanismenya?

Berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ), terdapat 10 jenis pelanggaran saat mengemudikan kendaraan, yaitu:

1. Melanggar rambu lalu lintas dan markah jalan

2. Tidak mengenakan sabuk keselamatan

3. Mengemudi sambil menggunakan smartphone

Halaman
123
Penulis: Anggraini Munanda Effani
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved