Breaking News:

Tujuh Kelurahan di Kecamatan Plaju Rasakan Manfaat CSR Pertamina Pengolahan Wilayah Plaju

Kecamatan Plaju sebagai kecamatan Ring 1 dengan jarak kurang lebih 5 kilometer dari wilayah operasional Pertamina Pengolahan wilayah Plaju

Editor: Prawira Maulana
ISTIMEWA
Pertamina Pengolahan wilayah Plaju memberikan bantuan CSR yang diterima langsung Camat Plaju, Ahmad Furqon beberapa waktu lalu. (ist) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kecamatan Plaju sebagai kecamatan Ring 1 dengan jarak kurang lebih 5 kilometer dari wilayah operasional Pertamina Pengolahan wilayah Plaju mendapatkan sejumlah kontribusi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan atau Corporate Social Responsibility (TJSL/CSR).

Berkat CSR ini, warga di sejumlah kampung binaan CSR Pertamina secara produktif memeroleh peningkatan pendapatan dan mampu berinovasi sehingga terus berdaya.

Camat Plaju, H. Ahmad Furqon, S.STP., M.Si menyatakan awalnya penyaluran CSR ini hanya terfokus di satu titik kelurahan saja tetapi setelah proses diskusi antar _stakeholders_ dengan perangkat lurah dan kecamatan, barulah CSR ini dirasakan secara merata di Kecamatan Plaju.

"Awal saya menjabat camat di sini, dulu CSR ini tidak menyentuh semua kelurahan tapi kini bisa dirasakan seluruh kelurahan dan dampaknya sudah terasa. Masyarakat jadi lebih produktif.," ujar Camat Plaju, Ahmad Furqon, Jumat (23/4/2021).

Ahmad Furqon mengatakan Kampung Iklim Plaju Darat dan Talangbubuk yang tumbuh dari masyarakat memeroleh dukungan penuh dari Pertamina Pengolahan wilayah Plaju sehingga berhasil meraih penghargaan Proklim (Program Kampung Iklim) Kategori Utama pada tahun 2018 dan 2020. Proklim merupakan wujud implementasi ESG dan SDGs Tujuan 13 (Penanganan Perubahan Iklim).

Kampung Iklim Talangbubuk awalnya hanya kampung percontohan namun kini sudah mampu membina 10 kampung iklim di tujuh kelurahan, Kecamatan Plaju. Tidak hanya itu, Kelurahan Plaju Darat pun menyusul dengan membina 10 kampung iklim di tujuh kelurahan, Kecamatan Plaju dan 3 kampung iklim di Kecamatan Seberang Ulu Dua (Ring 2 Perusahaan).

"Alhamdulillah berkat CSR Pertamina Pengolahan wilayah Plaju dalam bentuk bantuan kepedulian lingkungan, UMKM, dan lainnya kini pengembangan kampung iklim semakin gencar dan berkelanjutan," ujar Ahmad Furqon.

Dia berharap stimulus CSR yang berkelanjutan ini memberikan semangat warga agar terus produktif meski di masa pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga pandemi bukan halangan berkarya, menambah pundi rupiah, dan tetap berjuang bersama melawan penyebaran Covid-19.

Caption:
Pertamina Pengolahan wilayah Plaju memberikan bantuan CSR yang diterima langsung Camat Plaju, Ahmad Furqon beberapa waktu lalu. (ist)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved