Breaking News:

Warga Sumsel yang Mau ke Lampung dan Sebaliknya Dipastikan Tak Bisa Melintas Selama Larangan Mudik

Warga Sumsel yang Hendak ke Lampung Dipastikan Tak Bisa Melintas Selama Larangan Mudik

TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Sejumlah kendaraan melewati Gerbang Tol Kramasan yang beroperasi secara permanen sejak selesai konstruksinya dan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 26 Januari lalu. Gerbang Kramasan merupakan pintu masuk tol Palembang- Kayuagung- Lampung 

TRIBUNSUMSEL.COM - Jaur arteri maupun jalur tikus dijaga ketat.

Kepolisian membuat rekayasa pergerakan lalu lintas dari arah Sumatera Selatan (Sumsel) yang hendak masuk wilayah Lampung selama larangan mudik Lebaran.

Dalam keterangan persnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Inspektur Jenderal Istiono mengatakan, Mesuji menjadi salah satu lokasi krusial penyekatan pemudik.

Istiono sendiri sudah melakukan survei ke sejumlah lokasi titik penyekatan di wilayah Lampung menjelang pelarangan mudik. 

Selama masa larangan mudik, kepolisian telah merencanakan rekayasa pergerakan lalu lintas bagi kendaraan yang nekat dari arah Lampung dan sebaliknya.

"Setiap kendaraan yang datang dan menuju Palembang atau Lampung selama masa larangan mudik akan diminta keluar di exit Tol Pematang Panggang," kata Istiono, Kamis (22/4/2021).

Pada rekayasa lalu lintas itu, kendaraan akan diminta keluar di Kiloemter 239 atau gerbang keluar Tol Pematang Panggang yang langsung terkoneksi ke jalan arteri menuju Palembang.

"Untuk kendaraan yang memenuhi syarat ke Lampung akan dimasukkan kembali ke jalur tol menuju ke Lampung. Bagi kendaraan angkutan yang dilarang akan diputar kembali ke arah Palembang melalui jalur arteri," kata Istiono.

Sedangkan bagi kendaraan yang datang menggunakan jalan umum (jalan lintas Sumatera), akan diputar balik melalui jalur arteri di Simpang Pematang.

"Dengan skema ini diharapkan akan mengurangi beban penyekatan yang ada di Polres Lampung Selatan menuju Pelabuhan Bakauheni," kata Istiono.

Diberitakan sebelumnya, lima titik lokasi di wilayah Lampung dinilai menjadi titik krusial penyekatan mudik sepanjang jalan lintas Sumatera.

Artikel ini telah tayang di Kompas

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved