Breaking News:

Larangan Mudik

Ingat! Polres Lubuklinggau Tak Akan Mentolerir Pemudik Nekat Yang Main Akal-akalan

Aparat kepolisian Polres Lubuklinggau akan melakukan penyekatan jalur mudik 2021 di perbatasan pintu masuk dan keluar wilayah

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Tribunsumsel.com/Eko Hepronis
Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Aparat kepolisian Polres Lubuklinggau akan melakukan penyekatan jalur mudik 2021 di perbatasan pintu masuk dan keluar wilayah Kota Lubuklinggau H-7 menjelang lebaran Idul Fitri.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Nuryono menyampaikan penyekatan ini merupakan kebijakan larangan mudik Idul Fitri 2021 yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

"Berdasarkan keputusan pemerintah pusat jadi tidak diperbolehkan mudik lebaran apabila ketahuan akan langsung kita putar balikkan," kata Nuryono pada Tribunsumsel.com, Jumat (23/4/2021).

Ia mengungkapkan, untuk Kota Lubuklinggau pos penyekatan akan ditempatkan di Simpang Watas di Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan mulai diaktifkan H-7 sebelum lebaran.

"Nanti akan kita cek satu persatu yang melintas asal dari mana kemudian tujuanya kemana, apabila ketahuan langsung kita putar balikkan, terutama yang ada indikasi akan mudik hari raya dikampungnya," ungkapnya.

Ia pun menegaskan tidak adak memberi tolerir kepada masyarakat yang ketahuan melakukan akal-akalan, semuanya telah diantisipasi karena polisi sudah mengetahui hal-hal semacam itu.

"Nanti kita akan cek and ricek kroscek terhadap para pengguna jalan, bila ketahuan menumpang truk
para pengendara itu langsung akan kita suruh kembali, artinya kita betul-betul selektif penyekatan tersebut," tegasnya.

Ia juga menyebutkan untuk kendaraan yang boleh melintas di Kota Lubuklinggau pada saat terjadi penyekatan nanti hanya kendaraan barang, selain dari kendaraan barang tidak diperbolehkan.

"Yang boleh hanya kendaraan barang termasuk kendaraan sayur-sayuran dari Curup Bengkulu kita perbolehkan, sedangkan untuk taksi atau angkot tidak kita perbolehkan," ungkapnya.

Selain pos penyekatan, Polres Lubuklinggau akan mendirikan
pos pengamanan Pos PAM depan JM dan Lippo di Jl Yos Sudarso Kelurahan Taba Koji Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Pos PAM Simpang Periuk Jl HM Soeharto Kelurahan Lubuklinggau Selatan II.

"Pos PAM kedepan bertugas melaksanakan pengamanan, ketertiban dan kelancaran melaksanakan PAM bagi masyarakat yang akan melaksanakan lebaran dan memberikan himbauan Prokes 5 M," ungkapnya.

Selanjutnya, terkait personil kedepan anggota yang dilibatkan 12 orang TNI, Tiga orang POM, 12 orang Brimob, 12 orang Dishub, 24 orang Pol PP, 12 orang Dinkes, 12 orang Damkar, 12 orang SEN KOM 12 dan 12 orang Pramuka.

"Harapan kita semoga Operasi Ketupat Musi 20AKBPtahun ini berjalan dengan baik dan bisa berjalan lancar," ujarnya. (Joy). 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved