Breaking News:

Tips dan Trik

Cara Cek Kehamilan (USG) Bagi Peserta BPJS Kesehatan, Berikut Prosedur Pelayanan di Faskes

Sebenarnya dengan adanya fasilitas seperti JKN atau BPJS Kesehatan, bumil bisa mendapatkan pelayanan seperti kontrol, cek up hingga melahirkan tanpa h

Istimewa
Cara Cek Kehamilan (USG) Bagi Peserta BPJS Kesehatan, Berikutp Prosedur Pelayanan di Faskesnya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Banyak dari masyarakat Peserta JKN atau BPJS Kesehatan yang kurang memahami tentang manfaat BPJS Kesehatan bagi wanita hamil. Berikut ini artikel tentang cara cek kehamilan (USG) bagi peserta BPJS Kesehatan, berikut prosedur pelayanan di fasilitas kesehatannya (Faskes). 

Banyak ibu hamil (bumil) yang kontrol atau chek up ke bidan dengan biaya pribadi, kadang USG juga dengan biaya pribadi, padahal sudah menjadi peserta JKN atau BPJS Kesehatan.

Sebenarnya dengan adanya fasilitas seperti JKN atau BPJS Kesehatan, bumil bisa mendapatkan pelayanan seperti kontrol, cek up hingga melahirkan tanpa harus membayar biaya alias gratis.

Baca juga: Cara Print atau Cetak Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang dari HP, Berikut Langkah Awalnya

Berikut alur yang bisa anda lakukan untuk cek USG kehamilan menggunakan BPJS Kesehatan:

Prosedur Pelayanan di Fakes Tingkat Pertama

  • Silahkan mendatangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ataupun FKTP terdekat di daerah anda, seperti puskesmas, klinik, atau dokter keluarga sambil membawa identitas peserta BPJS Kesehatan. (datangi faskes yang terdaftar dalam BPJS Kesehatan)
  • Sampaikan maksud tujuan anda, ingin kontrol atau cek up ke bidan
  • Kemudian anda akan diperiksa oleh tim kesehatan di Faskes tersebut untuk menilai bagaimana kondisi kehamilan anda
  • Jika kondisi anda baik-baik saja, maka setelah mendapat pelayanan kesehatan anda akan diperbolehkan pulang dan melakukan kontrol pada bulan berikutnya.

Prosedur Pelayanan di Fakes Tingkat Kedua

  • Jika ditemukan tanda-tanda bahaya bagi kehamilan anda, seperti keluarnya darah, keluarnya air-air, posisi yang sungsang dan lain-lain, maka faskes akan memberikan rujukan online ke rumah sakit yang dituju.
  • Setelah mendapatkan surat rujukan, maka silahkan datangi rumah sakit yang dituju dengan membawa kartu BPJS kesehatan atau JKN KIS serta Surat Rujukannya
  • Jika telah mendatangi rumah sakit yang dituju, silahkan mengikuti alur di rumah sakit tersebut seperti mendapat nomor antrian dan akan diperiksa oleh dokter spesialis kandungan.

Baca juga: Daftar Kenaikan Tarif Iuran BPJS Kesehatan Mulai 1 Januari 2021, Berikut Rinciannya

Itulah Cara Cek Kehamilan (USG) Menggunakan BPJS KesehatanCara Cek Kehamilan (USG) Bagi Peserta BPJS Kesehatan, Berikutp Prosedur Pelayanan di Faskesnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved