Breaking News:

Berita OKI

Demi Terciptanya Kondusifitas, Warga Sungai Ceper Akan Diberikan Pelatihan Pembuatan Alat Pertanian

Kapolda Sumsel melakukan pembinaan bagi para pengrajin senjata api rakitan (senpira) di Desa Sungai Ceper, Kecamatan Sungai Menang, OKI.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Wakil Bupati OKI, HM Djakfar Shodiq bersama Kapolda Sumsel, Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M menyerahkan bantuan sembako kepada warga di Desa Sungai Ceper, Ogan Komering Ilir, Kamis (22/4/2021) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M berinisiatif melakukan pembinaan bagi para pengrajin senjata api rakitan (senpira) di Desa Sungai Ceper, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Relokasi ini bertujuan untuk meminimalisir peredaran Senpira di wilayah hukum Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya di depan masyarakat Desa Sungai Ceper, ia menyampaikan image negatif yang selama ini disematkan sebagai Desa produksi Senpira harus diubah dengan dilakukan tindakan yang positif.

"Di Sungai Ceper memang dikenal sebagai tempat pembuat senjata api rakitan. Ini perlu dihentikan dan harus segera dilakukan relokasi serta pembinaan bagi masyarakat guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat itu sendiri," jelasnya saat melakukan kunjungan, Kamis (22/4/2021) siang.

Lebih lanjut disampaikan, dalam waktu dekat kepolisian akan bekerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten OKI untuk membuat program pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

"Keahlian warga yang luar biasa ini akan kita alihkan dengan keterampilan lain. Semisal dengan pelatihan cara pembuatan alat pertanian seperti parang maupun cangkul dan mengajari pembuatan baling-baling perahu (Speed Boat)," 

"Intinya mereka ini akan kami didik agar kegiatan pembuatan senpi ilegal menjadi hal yang legal dengan tetap memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat," jelas Kapolda.

Diharapkan dengan adanya solusi seperti ini, kegiatan pembuatan Senpira yang selama ini dijalankan masyarakat dapat segera ditinggalkan.

Karena selain dilakukan pembinaan, produk yang dihasilkan masyarakat tersebut nantinya akan langsung ditampung oleh pihak perusahaan PT. Sinar Mas.

"Iya kita juga mendapat support dari perusahaan. Dimana seluruh produk alat pertanian yang dihasilkan warga Sungai Ceper nantinya akan langsung dibeli perusahaan," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved