Breaking News:

Manfaat Sarapan Pagi

Sarapan Pagi Dianjurkan Tidak Lebih dari Pukul 08.00, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Sering kali kita sarapan pagi tidak teratur, kadang pagi, kadang agak kesiangan alias lebih dari pukul 09.00. Ternyata sarapan pagi ada batasnya

(Shutterstock)
Ilustrasi Sarapan Pagi 

TRIBUNSUMSEL.COM--Sering kali kita sarapan pagi tidak teratur, kadang pagi, kadang agak kesiangan alias lebih dari pukul 09.00. Ternyata, untuk sarapan pagi, ada batas waktunya lho.

Ya, sarapan pada pagi hari sebaiknya dilakukan sejak usai subuh hingga sebelum pukul 08.30. Kenapa?

Menurut penelitian baru yang diterbitkan pada ENDO 2021, konferensi virtual dari para dokter ahli endokrin, makan pada pagi hari dikaitkan dengan penurunan resistensi insulin dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Sebenarnya temuan ini bagian dari studi tentang puasa, tetapi para ilmuwan menemukan bahwa ada manfaat sarapan lebih awal meski kamu tidak berpuasa.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Sarapan Ternyata Berisiko Terkena Diabetes, Ini Penjelasannya

Menurut studi tersebut, orang yang sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah, terlepas dari apakah mereka melakukan diet puasa (intermiten) sehingga membatasi puasa hingga kurang dari 10 jam sehari.

Berdasarkan data dari 10.575 orang dewasa Amerika dari survei nasional tentang kesehatan dan gizi dianalisis untuk melihat apakah ada pola antara waktu makan dan kadar gula darah dan insulin. Ditemukan bahwa puasa intermiten, atau makan terbatas 10 jam atau kurang dikaitkan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi.

Artinya, orang yang berpuasa kurang responsif terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Baca juga: Penjelasan Ahli Kenapa Sarapan Pagi Itu Penting Bisa Hindari Penyakit Diabetes Melitus

Resistensi insulin merupakan faktor risiko untuk terjadinya diabetes tipe 2. Namun, ditemukan bahwa orang yang melakukan sarapan pagi sebelum pukul 08.30 pagi memiliki tingkat resistensi insulin yang lebih rendah, terlepas dari apakah mereka berpuasa atau tidak.

Jadi makan pagi memiliki lebih banyak manfaat metabolik secara keseluruhan. Sarapan yang sehat juga mendukung berat badan yang sehat dan energi yang stabil.

Oleh karena itu dianjurkan mulailah hari dengan sarapan pagi yang mengombinasikan protein, lemak sehat, dan serat. Dengan demikian, kita akan tetap sehat dan bugar.

----------

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Sarapan Sebaiknya Tak Lebih dari Pukul 08.00?"

Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved