Breaking News:

Berita Palembang

HOAX, Telkomsel Bagikan Ribuan Jam Pintar dan Ponsel HUT ke-26 Tahun, Jangan Tertipu

Kami mengimbau pelanggan untuk tidak meng-klik tautan yang beredar. Selalu berhati-berhati terhadap penipuan berhadiah.

TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Info yang memuat Telkomsel bagi-bagi ribuan hadiah pada HUT ke-26 ternyata HOAX. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebuah pesan berantai yang berisi tautan link untuk memenangkan hadiah jam tangan pintar dan ponsel pintar menyebar secara berantai melalui pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Telkomsel bagi hadiah HUT ke-26 tahun.

Tautan link tersebut mengarahkan pengguna smartphone untuk masuk dan mengkliknya sehingga akan muncul halaman yang berlogo Telkomsel yang menampilkan informasi banyak hadiah indah dan lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler.

Yang anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar, semoga berhasil.

Kemudian pengguna smartphone akan diarahkan untuk memencet tombol OK yang kemudian menampilkan halaman lain yang berisi sembilan kotak kado putih dengan pita merah.

Saat memilih kotak hadiah, diberikan tiga kali kesempatan, kesempatan pertama dan kedua gagal karena kotak kosong dan barulah pada pilihan box ketiga berisi smartphone.

Kemudian pengguna diarahkan ke laman selanjutnya dengan instruksi mengklaim hadiah yang dimenangkan dengan cara membagikan laman berisi hadiah yang dimenangkan ke minimal lima kontak telpon dan menunggu hingga membagikan itu berhasil.

Karena iming-iming hadiah smartphone itulah banyak tautan ini kemudian dibagikan lagi secara berantai oleh sesama pengguna WhatsApp.

Tautan program hadiah ini dibuat seakan-akan nyata karena disukai puluhan ribu like dan dikomentari oleh testimoni yang mengatakan berhasil membawa pulang hadiah yang dipilih. Hanya saja jika diamati lebih seksama foto profil pengguna media sosial yang memberikan testimoni cukup janggal karena semuanya dikomentari oleh bule atau warga negara asing dalam bahasa Indonesia yang sangat formal.

Baca juga: Ibu Tak Sanggup Kembalikan Motor Pinjaman, Seorang Anak di Palembang Disandera Kenalan

Baca juga: Kebakaran di Suka Maju Sako Palembang, 1 Rumah 1 Bedeng Terbakar, Juga 16 BPKB Motor

Dikonfirmasi Kepala Cabang Telkomsel Palembang Samsurizal membenarkan jika tautan link berhadiah itu hoax atau penipuan.

Samsurizal mengatakan, menanggapi beredarnya beberapa tautan link website berhadiah yang mengatasnamakan Telkomsel di berbagai channel digital tidak resmi Telkomsel, kami menegaskan bahwa Telkomsel bukan pihak yang menyelenggarakan program tersebut.

"Kami mengimbau pelanggan untuk tidak meng-klik tautan yang beredar. Selalu berhati-berhati terhadap penipuan berhadiah yang mengatasnamakan Telkomsel," ujarnya, Sabtu (3/4/2021).

Imbauan hati-hati pada penipuan ini juga diumumkan langsung Telkomsel di semua laman media sosialnya baik Facebook, Instagram hingga website resminya agar pelanggan tidak menjadi korban pihak tidak bertanggung jawab.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Hartati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved