Breaking News:

Info Sehat

Kebanyakan Makan Telur Bisa Berbahaya, Jadi Berapa Butir Dibolehkan dalam Seminggu?

Telur tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihanan setiap harinya. Mengapa? Karena pada bagian kuning telur mengandung kolesterol tinggi,

Tribunsumsel.com/ekohepronis
TIPS dan TRIK Cara Memilih Telur Yang Baik Dilihat dari Cangkang Telur untuk Yang Tidak Punya Kulkas 

TRIBUNSUMSEL.COM--MENYANTAP telur menjadi sesuatu yang lumrah bagi masyarakat kita. Selain karena telur memang mudah didapat, juga mengandung nutrisi yang lengkap.

Telur menjadi sumber protein yang lengkap, dengan kandungan yang kaya vitamin B12, vitamin D, serta beberapa antioksidan lainnya.

Hanya saja yang harus diketahui bahwa telur tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihanan setiap harinya. Mengapa? Karena pada bagian kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga jika termakan terlalu banyak, akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Oleh karena itu jika kamu manyantap telur secara berlebihan, dipercaya dapat membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh melonjak.

Baca juga: Hidup Sehat di Masa Pandemi Virus Corona, 5 Gaya Hidup Bisa Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh

Sebagai informasi, dalam satu kuning telur mengandung sekitar 200 miligram (mg) kolesterol, dan tingkat yang disarankan hariannya tidak lebih dari 300 mg per hari.

Tetapi penelitian terbaru menyebutkan, kolesterol makanan tak terlalu berpengaruh pada tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat.

Sebab faktanya, lemak jenuh makananlah yang meningkatkan tingkat kolesterol jahat, LDL.

Jika demikian, seberapa banyak konsumsi telur perharinya yang diperbolehkan dikonsumsi? Memang tidak ada jawaban spesifik, karena hal ini tergantung dari kondisi tubuh, dan kebutuhannya pada setiap orang berbeda-beda.

Penelitian terbaru mengungkap, rata-rata orang sehat dapat dengan aman mengonsumsi hingga tujuh telur per minggu.  Jika tidak menderita masalah kesehatan apa pun, atau belum pernah menyaksikan efek samping apa pun, kita dapat mengonsumsi hingga tiga telur dalam sehari.

Baca juga: Sudah Berlaku Sejak Kemarin, Ini Daftar Harga BBM Terbaru yang Dirilis Pertamina di Seluruh Daerah

Jika mengonsumsi terlalu banyak telur dapat menyebabkan penumpukan panas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan masalah pada buang air besar.  Selain itu, bisa pula menyebabkan diare, terutama pada anak kecil.

Jadi, penting untuk mengontrol asupan telur, setiap harinya. Efek sampingnya mungkin terlihat seperti tak terlalu parah, namun tidak seharusnya dianggap remeh. Kita tentu tetap perlu menjaga menu dan pola makan agar tetap sehat dan bugar.

---

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali, Efek Samping dari Kebanyakan Makan Telur "

Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved