Breaking News:

Rumput Fatimah Adalah Apa? Ini Bahayanya Bagi Ibu Hamil dan Janin Menurut Dokter

Sejumlah orang percaya minum rumput fatimah ini berkhasiat memperlancar persalinan. Padahal banyak bahaya mengintainya

Tribunnewswiki
Rumput fatimah adalah tanaman herbal yang selama ini banyak dikonsumsi masyarakat, khususnya wanita hamil. Sejumlah orang percaya minuman ini berkhasiat memperlancar persalinan. Padahal banyak bahaya mengintainya. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Rumput fatimah adalah tanaman herbal yang selama ini banyak dikonsumsi masyarakat, khususnya wanita hamil. Sejumlah orang percaya minuman ini berkhasiat memperlancar persalinan. Padahal banyak bahaya mengintainya.

Saat ini rumput fatimah menjadi tanaman yang sedang viral di sosial media. Tersiar kabar di medsos rumput fatimah mengakibatkan janin meninggal di dalam perut ibunya.

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR (Cand) Dr Inggrid Tania MSi mengatakan, rumput fatimah sejak zaman dahulu dipergunakan untuk memperlancar persalinan.

Menurut dia, memang itu sudah kebiasaan dari masyarakat Melayu, seperti masyarakat di sekitar wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Malaysia.

"Tapi memang kita belum tahu sebenarnya itu aman atau tidak," kata Inggrid kepada Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Hingga saat ini belum ada kajian atau penelitian yang sah mengenai rumput fatimah.

Baca juga: Heboh Video Janin Meninggal Gara-gara Ibu Minum Rumput Fatimah, Penjelasan dan Bahaya Bagi Ibu Hamil

Penelitian mengenai tanaman ini baru sebatas pada hewan. Sehingga, para ahli belum mengetahui dosis dan cara kelola yang aman terkait tanaman keluarga Primulaceace dan marga Labisia ini.

"Juga kita belum tahu dosis amannya seperti apa, karena belum diteliti. Cara mengolahnya yang aman bagaimana, supaya tidak terlarut zat-zat toksiknya (racun)," ujarnya.

Bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil

Inggrid mengungkap beberapa bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil, di antaranya sebagai berikut:

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved