Breaking News:

Obat Sariawan

Sakit Sariawan Susah Cari Obat, Coba Gunakan Es Batu, Rasakan Sensasinya

Ketika sariawan sedang meradang akan terasa nyeri dan mengganggu makan, minum, menyikat gigi, serta berbicara. Apa obatnya?

Editor: Hanafijal
(Thinkstockphotos)
Ilustrasi Sariawan. 

TRIBUNSUMSEL.COM--KAMU pernah merasakan sakitnya saat sariawan. Ya, apalagi jika ukurannya besar dan lebih dari satu titik. Ketika sariawan sedang meradang akan terasa nyeri dan mengganggu makan, minum, menyikat gigi, serta berbicara.

Ketika mengalaminya, kebanyakan dari kita ingin mencari obat sariawan alami terlebih dahulu sebelum beralih ke obat. Nah, salah satu pengobatan rumahan yang bisa dicoba adalah menggunakan es batu.

Tunggu dulu, apakah cara ini ampuh menyembuhkan sariawan? Menurut laman Medical News Today, mengisap es batu bisa menjadi salah satu cara alami yang ampuh mengatasi nyeri dan ketidaknyamanan karena sariawan.

Mengapa? alasannya, sensasi dingin dari es batu diyakini bisa memberikan mati rasa pada titik yang nyeri. Namun, jika ingin menggunakan cara ini, usahakan mencairkan ujung-ujung es batunya terlebih dahulu agar tidak tajam ketika menyentuh area mulut. Sebab jika tidak, justru akan membuat sariawan terasa sangat sakit, karena kena bagian es batu yang tajam.

Baca juga: Hidup Sehat di Masa Pandemi Virus Corona, 5 Gaya Hidup Bisa Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh

Ada cara lain, yaitu dengan membuatnya menjadi kompres es. Menurut laman yourdentistryguide, mengaplikasikan es batu ke titik sariawan bisa membantu mengatasi nyeri yang berdenyut dan sensasi terbakar akibat sariawan.

Tapi, jangan aplikasikan langsung es batu ke area yang sariawan. Lebih baik, balut es batu dengan kain dan secara lembut kompres bagian sariawan yang meradang.

Selain membantu menghilangkan nyeri, kompres es pada titik sariawan bisa membantu meredakan peradangan pada luka yang disebabkan oleh iritasi.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat ala Dhini Aminarti. Habis Nonton YouTube, Istri Dimas Seto Kurangi Makan Ini

Sayangnya, cara kedua mungkin hanya bisa dimanfaatkan untuk sariawan di bibir atau ujung lidah. Sebab, area lainnya mungkin akan lebih sulit dijangkau dengan es batu.

Kamu ingin mencoba obat sariawan alami lainnya? Ini bahannya, madu, air garam, hingga cuka sari apel. Bahan-bahan ini bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan sariawan, dengan cara diminum, atau dikumur-kumur.

------

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melihat Keampuhan Es Batu untuk Menyembuhkan Sariawan"

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved