Breaking News:

3 Gejala Awal Batu Ginjal

Waspada, 3 Gejala Awal Batu Ginjal, Mulai Nyeri di Punggung Bagian Bawah hingga Saluran Pencernaan

-KAMU sering merasakan nyeri di punggung bagian bawah? Atau terlalu sering buang air kecil? Waspada, itu tanda kamu sedang mengidap batu ginjal

(Shutterstock)
Ilustrasi ginjal, kanker ginjal 

TRIBUNSUMSEL.COM--KAMU sering merasakan nyeri di punggung bagian bawah? Atau terlalu sering buang air kecil? Waspada, boleh jadi itu tanda kamu sedang mengidap batu ginjal.

Perlu diketahui, batu ginjal adalah endapat keras menyerupai batu yang terbentuk dari mineral dan garam di dalam ginjal. Endapan ini dapat bervariasi dalam ukuran, yakni beberapa bisa kecil seperti sebutir pasir, sementara lainnya bisa sebesar batu kerikil.

Melansir WebMD, ukuran batu ginjal ini tidak selalu sesuai dengan tingkat keparahan gejala yang mungkin dialami penderitannya.

Batu ginjal kecil dapat melewati saluran kemih tanpa menyebabkan gejala. Namun, batu-batu yang lebih besar dapat terjebak dalam saluran kemih. Ini biasanya titik di mana seseorang akan mengalami tanda atau gejala awal batu ginjal.

Baca juga: Jarang Diketahui, Manfaat Gedebog atau Batang Pisang Bagi Kesehatan, Obati Batu Ginjal hingga Diet

Gejala Awal

Batu ginjal bisa terjadi di sepanjang saluran kemih mulai dari ginjal, ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih), kandung kemih, hingga uretra (saluran yang membawa urine ke luar tubuh).

Sepertti dirangkum dari Medical News Today, batu-batu ginjal kecil cenderung terjebak di ginjal atau bagian lain dari seluran kemih.

Gejala ringan hingga sedang dapat terjadi selama batu ginjal kecil melewati saluran kemih, meski banyak orang bisa juga tak merasakan sakit.

Namun batu ginjal yang lebih besar bisa menyebabkan rasa sakit, perdarahan, peradangan, atau infeksi. Namun, gejala-gejala ini biasanya tidak berkembang sampai batu sudah mulai bergerak melalui saluran kemih.

Baca juga: Kenali Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal

Tanda atau gejala awal mengindikasikan batu ginjal bergerak melalui saluran kemih:

Halaman
123
Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved