Breaking News:

Terkait Fuel Pump

Avanza sampai Alphard Keluaran 2017-2019 Ikut Di-Recall, Toyota Recall 10 Model Produk di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) ikut mengumumkan recall atau penarikan beberapa produknya di Indonesia, termasuk Rush, dan Avanza

TAM
Mobil Alphard 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA--PT Toyota Astra Motor (TAM) ikut mengumumkan recall atau penarikan beberapa produknya di Indonesia, termasuk dua model yang diproduksi oleh Daihatsu, yakni Rush dan Avanza.

Henry Tanonto, Vice President Director PTA TAM mengatakan, recall dilakukan sebagai upaya bekelanjutan untuk menjamin kualitas produk, keamanan, dan keselamatan pelanggan.

"Sejalan dengan initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," ucap Henry dalam keterangan resminya, Kamis (18/3/2021).

Terkait recall yang dilakukan Toyota, kasusnya sama dengan Daihatsu, yakni terkait fuel pump. Masalah ini pun sebenarnya sudah berjalan sejak Juli 2020 pada beberapa jajaran produknya.

Kali ini, berdasarkan hasil pengecekan, Toyota memperluas cakupan model-modelnya yang terkena imbas recall dengan masalah fuel pump tersebut.

Baca juga: Pajak Mobil Jadi Nol Persen, Angin Segar Industri Otomotif, Ini Kata Dealer Lokal di Palembang

Mulai dari Alphard keluaran 2017-2019, C-HR produksi 2018-2019, Corolla produksi 2019, Camry 2019, Voxy 2018-2019, Innova 2018-2019, Fortuner 2018-2019, Hilux 2019, serta Avanza dan Rush lansiran 2017-2019.

Dengan kasus recall ini, Toyota kembali mengajak pemilik beberapa model yang tercantum untuk segera melakukan pengecekan. Bila ditemui ada masalah maka akan diganti secara gratis, sementara untuk pekerjaan diprediksi memakan waktu 2-4 jam.

Secara total, dengan adanya penambahan model yang tersandung masalah fuel pump, Toyota Indonesia akan melakukan recall sebanyak 286.000 unit.

Baca juga: Bentuk Motor Harley-Davidson 338R Buatan China yang Guncangkan Dunia Otomotif

Tak hanya fuel pump, Toyota juta kembali mengimbau pemilik Hilux dengan produksi Juni-Desember 2018 untuk melakukan pengecekan pada komoponen brake booster. Hal tersebut disebabkan adanya potensi yang dapat menpengaruhi mekanisme kinerja proses pengereman.

Bila ditemukan ada masalah, maka Toyota akan mengganti brake booster Hilux milik konsumen. Waktu pengecekan dan pengerjaan pergantian komponen ini setidaknya memakan waktu paling lama 3,5 jam.

--------

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Recall 10 Model di Indonesia, dari Avanza sampai Alphard"

Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved