Breaking News:

Arti Kata

Apa Itu OJK, Fungsi dan Tugas OJK, Sebabkan Aplikasi Snack Video dan TikTok Cash Diblokir

Apa Itu OJK, Fungsi dan Tugas OJK, Menyebabkan Aplikasi Snack Video dan TikTok Cash Diblokir, Satgas Waspada Investasi (SWI) yang terdiri dari 13 Keme

Tribunsumsel.com
Apa Itu OJK, Fungsi dan Tugas OJK, Sebabkan Aplikasi Snack Video dan TikTok Cash Diblokir 

TRIBUNSUMSEL.COM - Belum lama ini heboh pemblokiran aplikasi menghasilkan uang TikTok Cash dan Snack Video oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo).

Satgas Waspada Investasi (SWI) yang terdiri dari 13 Kementerian dan Lembaga menyatakan bahwa Tiktok Cash dan Snack Video adalah entitas ilegal.

Tiktok Cash tidak memiliki izin dan diduga sebagai skema money game.

Sementara Snack Video tidak terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kominfo dan tidak memiliki badan hukum dan izin di Indonesia.

Baca juga: Cara Video Call WhatsApp Lewat Komputer/Laptop, Panggilan Suara juga Bisa

Baca juga: Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal Bacaan Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Baca juga: 9 Zona di Indonesia yang Diungkap Luhut Berpotensi Rawan Gempa di Tahun 2021, Waspada

Tahukah kamu apa itu OJK dan apa fungsi dan tugas OJK? Berikut ini penjelasan yang dikutip dari laman situs https://www.ojk.go.id/ :

OJK adalah lembaga independen dan bebas dari campur tangan pihak lain yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 21 tersebut.

Tugas pengawasan industri keuangan non-bank dan pasar modal secara resmi beralih dari Kementerian Keuangan dan Bapepam-LK ke OJK pada 31 Desember 2012.

Baca juga: Event Snack Video Undang Teman Ditutup, Bagaimana Nasib Uang Saldo di Snack Video Apakah Hangus?

Baca juga: Update Snack Video Sekarang, Pengguna Bisa Kembali Buka Aplikasinya, Blokir Sudah Dicabut?

Sedangkan pengawasan di sektor perbankan beralih ke OJK pada 31 Desember 2013 dan Lembaga Keuangan Mikro pada 2015.

Pasal 4 UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK menyebutkan bahwa OJK dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, akuntabel dan mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen maupun masyarakat.

Dengan pembentukan OJK, maka lembaga ini diharapkan dapat mendukung kepentingan sektor jasa keuangan secara menyeluruh sehingga meningkatkan daya saing perekonomian.

Halaman
12
Penulis: Abu Hurairah
Editor: Abu Hurairah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved