Besok, PAW Suami Wabup Mura Suwarti di DPRD Sumsel Dilantik

DPRD Sumsel diagendakan menggelar paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Sumsel fraksi Gerindra, Burlian.

TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF
Calon PAW anggota DPRD Sumsel dari fraksi Gerindra, Solehan Ismail. Ia bakal menggantikan Burlian yang merupakan suami Wakil Bupati Musi Rawas (Mura) Suwarti yang meninggal dunia pada 15 November 2020 lalu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas mengungkapkan, Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Sumsel fraksi Gerindra, Burlian.

Burlian merupakan suami Wakil Bupati Musi Rawas (Mura) Suwarti yang meninggal dunia pada 15 November 2020 lalu, rencananya akan dilantik, Senin 1 Maret (besok, red).

Menurut Giri, pelantikan atau sumpah pengangkatan anggota DPRD Sumsel itu, rencananya melalui sidang Paripurna DPRD Sumsel.

"Iya rencananya besok (pelantikan), harapannya dengan begitu,jumlah anggota dewan di DPRD Sumsel lengkap menjadi 75 orang, dan beliau yang dilantik bisa langsung bekerja dikomisi yang ada," kata Giri, Minggu (28/2/2021).

Disinggung apakah nanti langsung menggantikan posisi di komisi III yang ditinggal Burlian sebelumnya, Giri yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel ini belum mengetahuinya, dan hal itu kewenangan fraksi Gerindra sendiri.

"Yang jelas, nanti tergantung fraksinya untui komisi berapa, kalau ingin penarikan (change) silahkan, sehingga bisa dilakukan dirapat paripurna selanjutnya," ucap Giri.

Terpisah, Solehan Ismail sendiri saat konfirmasi, masih belum berkomentar banyak terkait posisinya akan dilantik kembali sebagai anggota DPRD Sumsel melalui PAW, dan menyerahkan sepenuhnya ke mekanisme yang ada.

"Insya Allah," singkatnya.

Ketua DPD Gerindra Sumsel Kartika Sandra Desi menyatakan, dengan kembali terisi kursi anggota fraksi Gerindra di DPRD Sumsel full 10 kursi, yang posisi alm Burlian akan diisi ustadz  Solehan Ismail (peraih suara terbesar kedua partai Gerindra Dapil VIII), akan menjadikan fraksi Gerindra bisa maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumsel.

"Alhamdulillah dengan kembali terisi kursi fraksi Gerindra ini oleh muka lama, tentu pasti tambah kekuatan bagi Gerindra, dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumsel dan memperkuat hubungan eksekutif dan legislatif.

Apalagi kiprah pak Solehan tidak perlu diragukan lagi khususnya dalam bidang agama dan kemasyarakatan. Mudah- mudahan bisa membawa kemaslahatan bagi masyaralat Sumsel," harapnya.

Disinggung apakah setelah dilantik nanti, Solehan akan menduduki posisi Burlian sebelumnya di komisi III DPRD Sumsel, Cici menilai jika nantinya bisa dikomisi lainnya, dan tidak serta merta tetap dikomisi yang lama.

"Pak Solehan inginnya balik kebidang lama yaitu komisi V, karena ada keinginan dia melihat latar belakang dia selama ini, dan itu akan dipertimbangkan kembali, dengan melakukan rolling dengan anggota lain," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved