Breaking News:

Berita Palembang

Seragam Satpam Baru Mirip Polisi, Ini Penjelasan Lengkap Polda Sumsel

Berdasarkan peraturan Mabes Polri seragam satpam saat ini menggunakan warga coklat yang mirip dengan seragam Polri.

TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH
Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi menjelaskan seragam Satpam baru mirip punya polisi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bila tidak jeli, salah-salah mengira satuan pengamanan atau satpam dikira polisi. Hal ini, dikarenakan seragam satpam baru yang dikenakan saat ini mirip dengan seragam milik polisi.

Menurut Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, kenapa seragam satpam mirip dengan seragam yang dikenakan anggota Polri.

Karena, berdasarkan peraturan Mabes Polri seragam satpam saat ini menggunakan warga coklat yang mirip dengan seragam Polri.

Akan tetapi, kemiripan warna seragam antara Polri dan Satpam bukan berarti tidak ada aturan yang ditentukan. Seragam satpam, hanya sama warna saja tetapi secara keseluruhan atribut yang dikenakan Polri tidak diperbolehkan dikenakan untuk seragam satpam.

"Ini bukan hanya berlaku di Sumsel saja, tetapi berlaku untuk seluruh Indonesia. Kenapa seragam satpam warnanya sama dengan seragam Polri, tidak dipungkiri bila jumlah personel tidak semuanya bisa mengamankan wilayah Sumsel. Sehingga, satpam yang memang tugasnya mengamankan diharapkan bisa membantu tugas Polri," ujar Supriadi, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS: Kecelakaan Lalulintas di Prabumulih, Pejalan Kaki Tewas Terseret Truk

Baca juga: Pria 21 Tahun di Palembang Ini 60 Kali Menodong, Incar Mobil Barang Luar Kota, Pura-pura Minta Rokok

Lanjut Supriadi, dengan warna seragam yang sama, kerja satpam dapat ikut mengamankan di tempat dimana satpam itu diberdayakan. Mengenakan warna yang sama dengan Polri, setidaknya dapat membuat seseorang yang akan melakukan tindakan jahat akan berpikir.

Karena, bila dilihat sekilas maka seseorang akan melihat itu merupakan anggota Polri yang sedang melakukan pengamanan. Inilah, alasannya kenapa seragam satpam disamakan warnanya dengan seragam Polri.

"Dengan samanya warna, pastinya sudah kami antisipasi agar tidak disalah gunakan. Satpam berada di bawah binaan Polri, sehingga mulai dari pelatihan hingga satpam itu ditempatkan untuk melakukan pengamanan selalu dalam pembinaan Polri," ujar Supriadi.

Seragam satpam yang mirip dengan warna seragam Polri, diharapkan Supriadi jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum. Meski dalam sisi warna ada kesamaan, tetapi Supriadi menegaskan terdapat banyak perbedaan antara seragam Polri dan satpam.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved