Breaking News:

Perkiraan Harga Mobil Baru Toyota Avanza, Rush, Sienta, Yaris dan Vios Setelah Bebas PPnBM

Kriteria tersebut di antaranya adalah mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc dengan Tingkat Kandunngan Lokal D

Editor: Weni Wahyuny
Toyota Astra
Ilustrasi Foto Toyota Rush : Rush termasuk segmen kendaraan yang sesuai dengan kriteria mendapatkan PPnBM 0 persen. 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA – Perkiraan harga mobil baru Toyota setelah bebas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen.

Diketahui, pemerintah RI telah menetapkan insentif pajak pembelian mobil baru guna merangsang daya beli masyarakat dan industri otomotif nasional pada 2021.

Adapun pajak yang akan dibebaskan ialah jenis Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dengan besaran 100 persen, 50 persen, dan 25 persen berlaku tiga bulan terhitung Maret sampai November mendatang.

Diskon pajak tak serta merta diberikan kepada semua mobi baru, melainkan mobil yang masuk dalam kriteria yang diberikan relaksasi.

Kriteria tersebut di antaranya adalah mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc dengan Tingkat Kandunngan Lokal Dalam Negeri (TKDN) alias komponen lokal 70 persen.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, pihaknya belum menentukan harga jual mobil baru pada Maret 2021.

“Ya kami sudah baca infonya di beberapa media, sebagai pelaku industri tentu kita ikuti aturan dan arahan pemerintah, apalagi untuk industri dan untuk masyarakat yang butuh mobilitas,” ujar Anton, kepada Kompas.com (15/2/2021).

Salah satu segmen kendaraan yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah Low SUV atau SUV murah.

Semisal untuk Toyota Rush yang saat ini dibanderol dari Rp 257,7 juta sampai Rp 279,1 juta.

Dengan PPnBM Rush sebesar 10 persen, maka Rush tipe terendah dikenakan estimasi PPnBM Rp 25,770 juta. Lantas, kita tinggal mengurangi harga jual (Rp 257,7 juta) dengan PPnBM (Rp 25,770 juta).

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved