Breaking News:

Tips dan Trik

Tips & Panduan Mobil Terobos Banjir, Ini Batas Aman Ketinggian Air, Jangan Memaksa

Apakah Anda kerap melintasi daerah tergenang dilanda banjir? Bagi Anda sedang mengemudikan mobil, jangan memaksa, ketahui batas aman ketinggian air

Kompas.com
Ilustrasi mobil terobos banjir.Apakah Anda kerap melintasi daerah tergenang dilanda banjir? Bagi Anda sedang mengemudikan mobil, jangan memaksa, ketahui batas aman ketinggian air 

TRIBUNSUMSEL.COM-Apakah Anda kerap melintasi daerah tergenang atau dilanda banjir? Bagi Anda sedang mengemudikan mobil, jangan memaksa untuk melintas apabila ketinggian air melebihi batas aman. 

Anda harus tahu batas aman daerah itu bisa dilintasi atau tidak.

Jangan memaksa apabila tidak ingin terjebak di tengah banjir karena mesin mati, atau bisa-bisa mesin rusak.

Mobil yang macet setelah menerjang banjir bisa menjadi tanda adanya masalah serius terjadinya kerusakan pada mesin.

Hal ini disebabkan karena air dalam jumlah banyak masuk ke ruang bakar sehingga mengganggu kinerja pelumas yang ada di dalam mesin.

Baca juga: Arti Water Hammer dan Biaya Perbaikan Mobil yang Rusak karena Terendam Banjir Minimal Rp 6 Juta

Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia Sigit Wahyu Anggoro mengatakan, saat terpaksa menerjang banjir menggunakan mobil hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ketinggian air.

Jika ketinggian air masih sebatas setengah ban kemungkinan masih aman untuk dilintasi menggunakan kendaraan roda empat.

Tetapi, jika ketinggian air sudah melebihi ketinggian ban bahkan sampai ke bagian mesin tentunya hal ini cukup berbahaya.

“Jangan sampai air banjir setinggi mesin, bila hal itu terjadi sebaiknya segera matikan mesin,” kata Sigit kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2021).

Sigit menambahkan, ketika mesin tetap dinyalakan sementara air semakin tinggi bisa menyebabkan terjadinya water hammer.

“Sebaiknya segera telepon mobil derek atau meminta bantuan untuk memindahkan mobil, agar tidak mengalami water hammer,” ucapnya.

Baca juga: Inilah Rincian Biaya Haji 2021 untuk Setiap Daerah, Embarkasi Palembang Rp 33 Juta per Orang

Ketika mobil sudah mengalami water hammer maka biaya untuk perbaikannya juga cukup besar hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Sigit juga menyarankan, agar saat melintas di jalan yang tergenang memilih jalan yang pinggir sehingga jika harus mematikan mesin, posisi mobil berada di pinggir dan bukan di tengah jalan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terpaksa Menerjang Banjir, Matikan Mesin Mobil Jika Air Setinggi Ini"

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved