Breaking News:

Ikan Cupang

Cantik dan Menawan, Tapi Ikan Cupang Bisa Stres. Ini Penyebab dan Solusinya, Gampang

Tahukah kamu bahwa ikan cupang juga bisa stres seperti manusia? Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Cantik dan Menawan, Tapi Ikan Cupang Bisa Stres. Ini Penyebab dan Solusinya, Gampang
(SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPA)
lustrasi ikan cupang di akuarium.

TRIBUNSUMSEL.COM--SENANG melihat ikan cupang? Atau kamu seorang penghoby cupang? Ikan cantik ini memang punya daya pikat luar biasa. Bukan saja jago berkelahi, namun hewan mungil ini memiliki tekstur tubuh yang indah nan menawan hati. Tak heran harga jualnya bisa selangit.

Namun, jika kamu memelihara untuk sekadar koleksi dalam jumlah yang tidak banyak, tentu harus tahu bagaimana cara memeliharanya, merawatnya, sehingga ikan tetap tampil prima, dan sehat.

Tahukah kamu bahwa ikan cupang juga bisa stres seperti manusia? Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Seperti dilansir dari Betta Care Fish Guide, Jumat (19/2/2021), stres pada ikan cupang mirip dengan stres yang dialami manusia.

Apa penyebabnya? Stres terjadi ketika ada kondisi yang menyebabkan ikan cupang melepaskan kortisol, hormon pemicu stres, dan adrenalin. Kedua hormon tersebut berbahaya bagi kelangsungan hidup hewan. Jika tidak ditangani serius, akan memberi dampak buruk pada tubuhnya.

Biodata 16 Pemain Buku Harian Seorang Istri SCTV Lengkap Instagram, Mulai Zoe Jackson Hingga Antonio

Ragam Stres

Ada dua jenis tres yang dialami ikan cupang, yakni stres rendah atau jangka panjang dan stres tinggi atau jangka pendek.

Stres jangka panjang atau rendah adalah stres yang minimal, namun terjadi terus-menerus. Dalam lingkungan stres jangka panjang yang rendah, cupang Anda akan terus berusaha beradaptasi. Ini akan melemahkan sistem kekebalan dan kesehatannya yang perlahan mulai memburuk. Jika cupang stres dalam waktu lama, ia akan kelelahan hingga mati.

Stres tinggi atau jangka pendek adalah stres yang akan terjadi dengan sangat cepat, namun ini tidak konstan. Efek stres jangka pendek yang tinggi hanya akan berlangsung selama beberapa hari. Namun, paparan berulang untuk jenis stres ini tetap berdampak buruk bagi ikan cupang.

Penyebab Stres

Halaman
1234
Editor: Hanafijal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved