Breaking News:

Mendidik Anak Berprestasi

Bisa Mencetak Anak Berprestasi, Gali Lima Potensi Dasar Ini!

Indikator kecerdasan selalu menjadi hal yang utama bagi orangtua. Padahal masih banyak lagi potensi pada anak yang harus digali selain kecerdasan.

(Thinkstockphotos)
Ilustrasi Mendidik Anak. 

TRIBUNSUMSEL.COM- SEBAGAI orangtua akan merasa dirinya berhasil jika mampu mendidik anaknya dengan baik, memiliki kecakapan dan berprestasi.

Selain berbudi pekerti yang baik, dan rajin beribadah, indikator kecerdasan selalu menjadi hal yang utama bagi orangtua. Padahal masih banyak lagi potensi pada anak yang harus digali selain kecerdasan.

Seorang Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi menjelaskan, ada lima potensi dasar anak yang harus dikenali para orang tua, agar dengan potensi tersebut bisa mendorong anaknya berprestasi.

1. Potensi Prestasi Fisik dan Motorik

Potensi ini lebih kepada tumbuh perkembangan fisik anak. Misalnya ketika anak memiliki tinggi sesuai pada umurnya. Atau bisa saja tingginya melebihi pada kawan-kawan seumurannya. Selain itu perkembangan motorik juga perlu diperhatikan.

Perkembangan motorik merupakan proses pertumbuhan gerak anak. Hal ini berjalan sesuai kematangan otak dan syaraf pada anak. Misalnya di usia tertentu anak sudah bisa duduk, merangkak atau berjalan.

Daftar Artis yang Didorong Untuk Saingi Anies di Pilgub DKI, Dari Raffi Ahmad, Pasha Ungu, Agnez Mo

2. Potensi Prestasi Kognitif atau Daya Ingat
Jika potensi ini sudah optimal pada anak, biasanya ditandai pada anak yang cepat menyerap informasi, lancar berbicara dan punya daya ingat yang kuat.

3. Potensi Kepercayaan Diri Tinggi
Jika kepercayaan diri yang tinggi bukan berarti selalu ingin maju ke depan, melainkan percaya pada kemampuan dirinya sendiri.

4. Potensi Ketangguhan Hadapi Masalah
Potensi ini membuat anak tidak akan gampang stres ketika menghadapi sesuatu yang tidak bisa ia hadapi secara mudah.

Baca juga: Ide Bisnis: Lihat Peluang Jadi Toko Jam Online di Palembang

5. Potensi Sosialisasi
Anak mempunyai potensi prestasi aktif bersosialisasi. Ketika anak memiliki potensi ini secara optimal, ia akan aktif dalam keterampilan sosial, memiliki banyak teman dan memiliki empati.
Menurut Anna, lima potensi prestasi anak tersebut harus berkembang secara bersamaan. Tidak bisa menonjol salah satunya.

"Misalnya tumbuh tinggi anak baik, tapi ia belum bisa berbicara di saat semua kawan seumuran sudah bisa. Nah ini juga harus menjadi concern buat orangtua," terang Anna dalam acara Konferensi Pers Peluncuran SGM EKSPLOR PRO-GRESS MAXX, Kamis (18/2/2021).

-------

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ingin Anak Berprestasi? Kenali Dulu Lima Potensi Dasar Pada si Buah Hati

Editor: Hanafijal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved