Breaking News:

Berita Pagaralam

Banyak ODGJ Keliaran di Jalan Kota Pagaralam Buntuti Warga, Ini Tanggapan Pemerintah Daerah

Sudah sangat merasakan dan membuat kami ketakutan, pasalnya setiap kali saya keluar untuk ke warung, ODGJ tersebur sering mengikuti.

SRIPO/WAWAN SEPTIAWAN
Tampak salah satu ODGJ yang keliaran di kawasan Alun-alun Utara, Rabu (10/2/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Semakin banyaknya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Kota Pagaralam membuat warga mulai resah, pasalnya selain jumlahnya yang semakin banyak beberapa dari ODGJ tersebut kerap berada di kawasan keramaian yang membuat warga semakin takut.

Katakutan warga tersebut bukan tanpa alasan pasalnya di beberapa titik dikawasan Pagaralam ODGJ tersebut kerap juga mengganggu.
Salah satunya ODGJ yang berada dikawasan alun-alun utara yang sering mengikuti warga yang sedang melintas.

Florindo (31) warga sekitar Alun-alun utara mengatakan, mereka resah dengan adanya ODGJ dilingkungan tempat Ia tinggalnya tersebut.

"Sudah sangat merasakan dan membuat kami ketakutan, pasalnya setiap kali saya keluar untuk ke warung, ODGJ tersebur sering mengikuti," ujarnya.

Menyikapi hal ini, Kasat Pol PP Kota Pagaralam, Mastullah mengatakan, terkait ada ODGJ di Pagaralam mereka bakal berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) dalam melakukan penindakan.

"Benar dari fakta di lapangan di beberapa kawasan di Pagaralam banyak terdapat ODGJ, namun beberapa dari ODGJ tersebut bukan asli dari Pagaralam melainkan kiriman dari luar daerah," katanya.

Kronologis Pelajar Tewas Kecelakaan di Makrayu, Licin Habis Hujan, Motor Oleng Jatuh ke Kanan

Tinggal Sendiri, Kakek 67 Tahun Warga Lubuklinggau Meninggal di Kamar Mandi Kontrakan, Muka Benjol

Ia menambahkan dalam waktu dekat usai berkoordinasi dengan dinas terkait akan terjun ke lapangan untuk melakukan tindakan dengan sistem baik kekeluargaan, maupun sistem SOP kedinasan.

"Sifat kekeluargaan yaitu bagi ODGJ asli Pagaralam akan kita hubungi pihak keluarganya, sebaliknya untuk yang dari luar daerah akan didata dan ditindaklanjuti dengan dinas sosial," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pagaralam Herawadi melalui Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Buraqqo Bangun menjelaskan, diduga ODGJ yang berkeliaran dikawasan Pasar dan permukiman warga tersebut merupakan ODGJ kiriman dari luar Pagaralam.

"Pasalnya untuk ODGJ asli Pagaralam sudah kita data dan tidak berkeliaran di luar. Bahkan sudah ada ODGJ yang kita rehap di rumah rehab Bengkulu," jelasnya.

Namun untuk mengatasi masalah ODGJ yang meresakan warga ini, nanti Dinsos akan bekerjasama dengan dengan Sat Pol PP untuk mendata dan menertibkannya.

Ikuti Kami di Google Klik 

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved