Breaking News:

Sampai Kapan Harus Pakai Masker? Akademisi Unair : 4 Tahun Lagi, Bisa Lebih Jika

Akademisi Universitas Airlangga, Agung Dwi Wahyu Widodo mengatakan, masker baru dapat dilepas setelah pandemi Covid-19 berakhir

Tribunsumsel.com
Akademisi Universitas Airlangga, Agung Dwi Wahyu Widodo mengatakan, masker baru dapat dilepas setelah pandemi Covid-19 berakhir. 

TRIBUNSUMSEL.COM, SURABAYA-Program vaksinasi Covid-19 telah dimulai beberapa hari lalu. Secara bertahap, tenaga kesehatan yang menjadi kelompok prioritas telah menerima vaksin corona.

Meski telah divaksin, masyarakat diharuskan tetap memakai masker.

Sebab setelah pemberian vaksin pertama, tubuh tidak langsung kebal. Setidaknya perlu waktu seminggu untuk menghasilkan antibodi.

Antibodi yang dihasilkan itu, lanjut dia, masih cukup rendah kadarnya.

Bahkan pada beberapa kasus, seperti Hepatitis B, antibodi tidak terbentuk setelah vaksinasi. Sehingga infeksi sangat mungkin terjadi meski telah menerima vaksin.

Akademisi Universitas Airlangga, Agung Dwi Wahyu Widodo mengatakan, masker baru dapat dilepas setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Berkaca dari musibah pandemi pada tahun 1918 silam.  Setidaknya, kata dia, butuh waktu sekitar empat tahun hingga pandemi benar-benar berakhir.

Kabar Terbaru Wacana Vaksin Covid-19 Mandiri : Jenis dan Merek Berbeda dengan Vaksin Gratis

"Jadi kita wajib menggunakan masker selama empat tahunan itu. Dan bisa lebih panjang lagi kalau masyarakat tidak patuh aturan," ucap Agung melansir laman Unair, Rabu (20/1/2021).

Menurut Agung, tujuan vaksinasi bukan untuk melepas masker. Masyarakat harus tetap waspada, karena vaksinasi juga tidak menghentikan penularan virus.

Dia menyarankan agar tetap melakukan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, mengurangi mobilisasi, dan menjauhi kerumunan.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved