Breaking News:

Vaksin Corona Perdana di Sumsel

Efikasi Vaksin Sinovac 65 Persen Bikin Masyarakat Ragu, Ini Kata Ahli Epidemologi Sumsel

Efikasi Vaksin Sinovac 65 Persen kurang dipahami masyarakat. Penjelasan ahli epidemologi Sumsel dr Iche Andriani Liberty, SKM.M.Kes

DW INDONESIA
Vaksin Sinovac 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG-  Masih banyaknya masyarakat yang takut dan ragu untuk divaksin  sinovac, menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah saat ini.

Menurut Marketing FE Unsri,  M Eko Fitrianto, SE.MSi mengatakan hal ini dikarenakan masih kurangnya informasi dan edukasi dari pemerintah terkait vaksin buatan china ini.

"Upaya yang dilakukan pemerintah "menjual" atau artinya memberikan gratis vaksin ini kurang disambut hangat masyarakat atau biasa-biasa saja," ujarnya, Selasa (12/1/2021).

Ini disebabkan karena masyarakat belum banyak mengetahui informasi terkait vaksin tersebut. Sehingga membuat orang takut dan ragu.

"Seperti soal efikasi  65,3 persen yang kurang dipahami masyarakat yang dinilai rendah dibandingkan dengan yang lain. Informasi seperti ini yang awam bagi masyarakat," jelas dia.

Apalagi, ini adalah produk baru yang masih kurang informasinya kepada masyarakat. 

"Saya juga belum melihat pemerintah melakukan pemetaan reaksi pemerintah seperti apa karena masyarakat kita ini beragam," bebernya.

Lanjut dia, bahkan untuk  masyarakat yang sering interaksi dengan sosial media yang banyak informasi menyesatkan ini yang perlu di edukasi.

"Jadi edukasi ini memang pekerjaan yang berat bagi pemerintah apa yang menjadi keraguan masyarakat, apa yang menjadi keraguan dari produk tersebut dan apa keinginan masyarakat," beber dia.

Jika masyarakat sudah memiliki persepsi sudah terbentuk maka menjadi sikap. Dan jika sikap sudah kuat tentu menjadi tugas berat untuk merubahnya.

Halaman
123
Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved