Breaking News:

Kostratani BPP Sembawa, Kembangkan Potensi Pertanian Desa Limbang Mulia

Masyarakat Desa Limbang Mulia mengucapkan terima kasih kepada SMK PP Negeri Sembawa karena telah memberikan bantuan bibit buah jambu kristal

Tim kostratani SMK PP Negeri Sembawa
Kostratani BPP Sembawa, Kembangkan Potensi Pertanian Desa Limbang Mulia 

TRIBUNSUMSEL.COM- Kementerian Pertanian dibawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mempunyai visi untuk pertanian maju, mandiri dan modern dengan berbagai program kerja untuk mewujudkan kesejahtaan petani dan pemenuhan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia, dengan salah satu program andalan Kementan yaitu kostratani.

Program kostratani dipimpin langsung oleh kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi,

Dedi menjelaskan kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

SMK PP Negeri Sembawa sebagai Unit pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP turut mendukung program kostratani dengan bekerjasama dengan BPP Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Salah satu wilayah binaan BPP Sembawa adalah Desa Limbang Mulia dipilih SMK PP Negeri Sembawa sebagai desa mitra SMK PP Negeri Sembawa,

pada pertengahan tahun 2020 SMK PP Negeri Sembawa memberikan bantuan bibit buah kelengkeng sebanyak 130 batang dan bibit buah jambu kristal sebanyak 150 batang yang diterima langsung oleh Kepala Desa Limbang Mulia Bapak Anggun.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir. Mattobi’i, MP menyatakan pemberian bibit buah ini sebagai usaha untuk mengembangkan potensi desa,

harapan kedepan setiap desa di Kecamatan Sembawa memiliki kekhasan buah lokal untuk menunjang pertanian di desa tersebut.

Pada tanggal 16 Desember 2020, tim kostratani SMK PP Negeri Sembawa  yang diketuai Supriyanto, SP  mengunjungi Desa Limbang Mulia untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap bantuan bibit yang diberikan.

Kepala Desa Limbang Mulia, Anggun yang diwakili Kepala Dusun Muslimin menjelaskan Desa Limbang Mulia merupakan daerah transmigrasi tahun 96/97 dengan luas 700 Hektar memiliki 100 Kepala Keluarga, mata pencarian penduduk adalah petani swah dan buruh pabrik karet/sawit.

Ditambahkan Muslimin, masyarakat Desa Limbang Mulia mengucapkan terima kasih kepada SMK PP Negeri Sembawa karena telah memberikan bantuan bibit buah rata-rata satu rumah memperoleh 3 batang bibit buah, yang sekarang sudah ada yang berbuah untuk jambu Kristal, jambu Kristal cocok ditanam di Desa Limbang Mulia. 

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved