Breaking News:

Berita Bisnis

Masuk RPJMN Tahun 2015-2019, Perkembangan Kawasan Seberang Ulu Memang Menjanjikan

Kawasan Seberang Ulu (SU) saat ini menjadi kawasan yang lebih berkembang. Apalagi, setelah di Jakabaring sudah ditetapkan sebagai kawasan Sport City

ISTIMEWA
Pengembangan Royal Resort Residences di kawasan Jakabaring, Seberang Ulu Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG  - Kawasan Seberang Ulu (SU) saat ini menjadi kawasan yang lebih berkembang. Apalagi, setelah di Jakabaring sudah ditetapkan sebagai kawasan Sport City.

Terlebih, saat Asian Games tahun 2018 lalu, sejumlah pembangunan infrastruktur dibangun. Mulai dari jalan, pembangunan air bersih dan adanya Light Rail Transit (LRT). Pemkot Palembang sendiri sejak tahun 2016 sudah merencanakan pengembangan kawasan baru.

"Untuk kawasan Seberang Ulu ini, seperti yang kita ketahui sudah masuk dalam Rencana Perencanaan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019. Dimana, kebijakan dan strategi pembangunan wilayah perkotaan pengembangan kota baru kota mandiri dan terpadu adalah, keberpihakan pada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan juga sebagai antisipatif terhadap laju urbanisasi di kawasan perkotaan," ujar John Hendy, Manager Marketing Royal Resort Residences

Pengembangan Kota Baru Jakabaring Palembang adalah sport, tourism, dan heritage dengan visi yaitu menjadi pendukung kota inti Palembang sebagai pusat olahraga, wisata, serta warisan budaya yang berkarakter dan berkelanjutan.

"Kita lihat tujuannya adalah mempersiapkan kawasan Jakabaring sebagai kota yang layak huni, hijau, cerdas, inklusif, dan berkarakter," katanya.

Untuk penetapan deliniasi Kota Baru Jakabaring meliputi 4 kecamatan yakni, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, SU. II, Plaju, dan Jakabaring yang mencakup 24 kelurahan dengan luasan lahan 4.036 Hektare, dan telah ditetapkan pada Surat Keputusan Walikota Palembang 401 tahun 2017 tentang Penetapan Kawasan Jakabaring sebagai Lokasi Kawasan Kota Baru di Kota Palembang.

Sedangkan Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, pengembangan dan pembangunan di wilayah Seberang Ulu ini menjadi simbol bahwa pemerataan pembangunan di Kota Palembang sudah terwujud.

"Jadi, tidak ada lagi anggapan pembangunan hanya terpusat di Seberang Ilir saja. Pemkot Palembang sebenarnya sudah sangat serius untuk mengembangkan ini. Bahkan sudah dilakukan sejak sejak 2016, melalui pengerjaan infrastruktur, termasuk perbaikan jalan, drainase, pedestrian, air minum, ruang terbuka hijau," jelasnya.

"Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sedang menyusun masterplan sehingga pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat ini," kata dia sehingga masyarakat tentu akan mengalihkan fokus yang awalnya prospek ke seberang ilir, lalu berpindah ke seberang ulu.

John Hendy mengatakan pengembangan dan pembangunan wilayah ke depan harus memiliki analisa yang tepat untuk memilih kawasan, tentunya kawasan Seberang ulu khususnya Jakabaring Palembang memiliki potensi tersebut, Sejak 2004 setelah perhelatan Pekan Olahraga Nasional, kawasan jakabaring mengalami kemajuan yang cukup signifikan.

Halaman
12
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved