Breaking News:

Berita BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Kenalkan e-Dabu di Banyuasin, Ini Fitur dan Manfaatnya

BPJS Kesehatan Cabang Palembang melakukan sosialisasi pemanfaatan aplikasi e-Dabu KP Desa kepada kepala desa

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Palembang melakukan sosialisasi pemanfaatan aplikasi e-Dabu KP Desa kepada kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Senin (15/11/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN–BPJS Kesehatan Cabang Palembang melakukan sosialisasi pemanfaatan aplikasi e-Dabu KP Desa kepada kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Senin (15/11/2020).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Muhammad Fakhiza mengemukakan, aplikasi e-Dabu KP Desa merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola data kepesertaan peserta JKN-KIS dan anggota keluarga yang telah atau akan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen kepala desa dan perangkat desa (KP Desa).

"Pengembangan aplikasi e-Dabu ini diperuntukkan guna meningkatkan kemudahan layanan kepada pemerintah daerah yang telah berkontribusi dan berkomitmen dalam mendaftarkan perangkat desa peserta JKN-KIS melalui integrasi Jaminan Kesehatan Daerah yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama pendaftaran perangkat desa ke dalam Program JKN-KIS," kata Fakhiza.

Lebih lanjut Riza menambahkan, aplikasi ini juga digunakan untuk meminimalkan proses manual pendaftaran perangkat desa yang selama ini dilakukan melalui email atau surat.

Dalam aplikasi e-Dabu KP Desa ini juga dilengkapi berbagai macam fitur yang juga bisa mempermudah proses tahapan pendaftaran dari awal hingga akhir, seperti pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bisa melihat calon peserta yang akan didaftarkan apakah sudah terdaftar sebagai peserta atau belum dan fitur cetak kartu secara mandiri.

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin Babul Ibrahim menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dan mengapresiasi aplikasi e-Dabu KP yang di keluarkan dalam memberikan kemudahan pendaftaran peserta JKN KIS dan anggota keluarga bagi perangkat desa.

"Alhamdulillah dengan adanya aplikasi ini pendaftaran kepesertaan aparat desa menjadi lebih mudah. Ke depan semoga ada aplikasi yang mencakup keseluruh data kependudukan secara detail dengan demikian Pemerintah Kabupaten Banyuasin bisa memperoleh data yang lebih akurat dan cepat,” harap Babul. (rel)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved