Breaking News:

Spirit Bisnis

Selama Pandemi, Banyak Pelaku UMKM Beralih ke Produk Pencegahan Covid-19

Sebagian besar usaha kuliner ini masih survive ditengah pandemi ini disamping usaha alat kesehatan, minuman kesehatan dan lain sebagainya

Tribun Sumsel/ Sri Hidayatun
Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Palembang menggelar seminar kepada para pelaku UKM dan IKM di kota Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Situasi pandemi covid-19 sudah hampir delapan bulan lebih melanda Indonesia khususnya. Tak khayal, semua sektor pun ikut merasakan dampak hal tersebut.

Pelaku UMKM juga salah satunya sebagian besar ikut merasakan dampak, namun bagi pelaku UMKM bidang kuliner sebagian besar masih tetap survive ditengah pandemi saat ini.

Ruda Ermansyah, Ketua UKM IKM Nusantara Kota Palembang mengatakan sebagian besar usaha kuliner ini masih survive ditengah pandemi ini disamping usaha alat kesehatan, minuman kesehatan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pencegahan covid-19.

"Karena itu, sebagian para pelaku UKM kita ini banyak yang beralih produk atau menambah produk mereka yang dijual laku di tengah pandemi," jelas dia, dalam acara pengabdian kepada masyarakat yang digelar oleh Fakultas Ekonomi Unsri, Senin (24/11/2020).

Contoh, ada anggota kita ini bergerak di bidang jasa pelaminan. Selama pandemi ini tentu mereka sangat berdampak sekali.

Melihat peluang lainnya, maka para pelaku usaha ini beralih melihat peluang lain.

"Jadi ada yang menambah usaha sampingan seperti buat masker, minuman sehat, buat sop kelapa, ada yang jual tanaman dan lain sebagainya. Inilah hebatnya UMKM ini semuanya bisa melihat peluang yang ada," kata dia.

Karena itu, melalui kegiatan ini juga memberikan semangat kepada mereka agara tetap produktivitas ditengah era new normal ini.

Sementara itu, Sebagai salah satu tridarma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Palembang menggelar seminar kepada para pelaku UKM dan IKM di kota Palembang.

Acara ini berlangsung di hotel Azza, Selasa (24/11/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan peserta yang terbatas.

Dr Hj Agustina Hanafi, MBA, Ketu Panitia sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi Unsri mengatakan UMKM adalah penyangga perekonomian di negara ini. Karena itu, peran mereka ini sangat penting dalam melakukan perubahan dalam membantu atau membangkitkan perekonomian negara.

"Kita lihat keadaan pandemi saat ini para pelaku UMKM ini memang kita bisa katakan melesu," jelasnya.

Bahkan ada pelaku usaha pun ada yang gulung tikar. Namun, melalui kegiatan ini pihaknya memberikan semangat dan masukan agar para pelaku UMKM ini tetap bangkit dan survive.

"Kita selalu bilang UMKM ini jangan pesimis dulu, berfikir positif. Janhan selalu terpaku keadaan sehingga tidak bisa bangkit," jelas dia.

Selain itu juga, para pelaku UMKM ini juga harus disiplin, ada kemauan dan harus yakin. "Insya Allah kalau kita ada semua ini pasti bisa menghadapi era new normal saat ini," ungkapnya.

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved