Breaking News:

Berita Kesehatan

Basmi Virus Corona, Inilah 3 Hal Didapatkan Tubuh Ketika Rutin Mencuci Tangan

Penerapan 3M dalam kehidupan sehari-hari sangat perlu untuk dilakukan demi memutus rantai virus corona.3M sendiri meliputi memakai masker, mencuci t

Shutterstock
Ilustrasi Cuci Tangan 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Penerapan 3M dalam kehidupan sehari-hari sangat perlu untuk dilakukan demi memutus rantai virus corona.

3M sendiri meliputi memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak ketika beraktivitas di tempat umum atau luar rumah.

Hal ini tentunya harus dijadikan sebagai kebiasaan baru yang meski dilakukan setiap orang.

Medical News Today beberapa waktu lalu mengungkap virus bisa menempel di telapak tangan.

Virus yang menempel tersebut bisa bertahan beberapa jam.

Sebelumnya akhirnya menginfeksi tubuh jika tangan digunakan untuk memegang wajah.

Maka dari itu, jika  kita malas mencuci tangan ketika mau makan

Bisa saja virus itu masuk melalui makanan yang kita pegang sendiri, termasuk virus corona.

Selain itu, telapak tangan sendiri merupakan tempat berkumpulnya kuman atau bakteri seperti Salmonella, E.Coli hingga norovirus yang menyebabkan diare.

Bahkan dengan telapak tangan yang kotor itu bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan adenovirus dan penyakit lainnya.

Maka dari itu, selain bisa membasmi virus, manfaat lain dari rutin cuci tangan adalah kesehatan kita sendiri dengan terbebas dari bakteri.

Biasa jenis-jenis kuman yang disebutkan di atas tadi terdapat di toilet, daging mentah, hingga benda-benda di tempat umum.

Sehingga mencuci tangan dengan sabun bisa menghilangkan kuman dari tangan serta membantu mencegah infeksi karena:

1. Orang sering menyentuh mata, hidung, mulut, tanpa menyadarinya. Sehingga virus dan kuman bisa masuk melalui mata, hidung, dan mulut.

2. Kuman dan virus dari tangan yang tidak dicuci bisa masuk ke makanan dan minuman saat kita menyiapkan atau mengonsumsinya.

3. Kuman atau virus pada tangan yang tidak dicuci bisa berpindah tempat ke benda lain, atau ketika kita memegang tubuh orang lain.

Maka dari itu selalu #IngatPesanIbu untuk rutin mencuci tangan agar bisa menghilangkan kuman serta virus dan tidak menyebarkannya ke orang lain

Penulis: Mochamad Krisnariansyah
Editor: Moch Krisna
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved