Breaking News:

Cepek Itu Berapa? Ini Arti Uang Goceng, Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Ceban

Biasanya istilah-istilah Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Goban, Cepek Ceng, Cetiao, Gotiao ini, sering diucapkan dalam pergaulan

Istimewa
Ilustrasi Uang : Penyebutan nominal uang Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Goban, Cepek Ceng, Cetiao, Gotiao ini, sering diucapkan dalam pergaulan anak-anak muda. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Pernah dengar istilah cepek, goceng, gecap, gopek untuk penyebutan nominal uang?

Biasanya istilah-istilah Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Goban, Cepek Ceng, Cetiao, Gotiao ini, sering diucapkan dalam bahasa pergaulan.

Terkadang ada orang yang terbalik-balik mengartikan penyebutan nominal ini.

Ternyata kata-kata pengucapan cepek, gocap, gopek tersebut berasal dari Tionghoa yang merupakan bahasa Mandarin.

Kata-kata Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Goban, Cepek Ceng, Cetiao, Gotiao merujuk pada bilangan atau jumlah dalam bahasa Mandarin yang berdialek hokkian.

Lalu, pertanyaannya mengapa kata-kata tersebut bisa populer di Indonesia dan dipakai sebagai bahasa sehari-hari khususnya wilayah Jakarta?

Hal ini dikarenakan mayoritas pendatang atau leluhur orang Tionghoa di Indonesia berasal dai Tiongkok terutama dari provinsi Fujian dan sekitarnya.

Kata-kata ini merakyat karena warga Tionghoa sukses menjadi pedagang yang dekat dengan kelas menengah ke bawah.

Di Indonesia sendiri, kata-kata ini awalnya berkembang di ibukota Jakarta kemudian tersebar luas ke kota-kota besar lainnya di Tanah Air yang menjadi kantong etnis Tionghoa.

Berdasarkan pada bilangan dalam bahasa Mandarin, arti gocap = 50, cepek = 100, gopek = 500, seceng = 1.000, noceng = 2.000, goceng = 5.000, ceban = 10 ribu, goban = 50 ribu, cepek ceng = 100 ribu, cetiao = 1 juta, gotiao = 5 juta , dan lain sebagainya.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved