Breaking News:

Sering Kencing pada Malam Hari Pertanda Diabetes Ternyata Mitos, Kenali Gejala Awal Diabetes

Sering Kencing pada Malam Hari Pertanda Diabetes Ternyata Mitos, Kenali Gejala Awal Diabetes

THINKSTOCK.COM
Ilustrasi Diabetes 

TRIBUNSUMSEL.COM - Sering Kencing pada Malam Hari Pertanda Diabetes Ternyata Mitos, Kenali Gejala Awal Diabetes

Malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk berisitirahat. Namun, waktu istirahat ini bisa terganggu atau menjadi tidak maksimal bila kita sering buang air kecil.

Nah, kondisi sering terbangun karena keinginan buang air kecil ( kencing) di malam hari sering disebut-sebut sebagai pertanda penyakit diabetes.

Benarkah demikian?

Menanggapi persoalan ini, dokter spesialis penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo- Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Dyah Purnamasari SpPD KEMD angkat bicara.

Menurut Dyah, orang dengan penyakit diabetes memang memiliki kecenderungan mengalami gejala atau keluhan sering buang air kecil (kencing) pada malam hari.

"Ada yang disebut dengan poliuria, yang itu kecenderungannya sering mengalami buang air kecil pada malam hari," kata Dyah

Dyah menjelaskan bahwa pada malam hari, hormon yang mengatur kencing (buang air kecil) dalam proses fisiologi hormon dalam darah, memang menjadi paling rendah.

Kadar gula darah yang tinggi lantas bisa memicu infeksi saluran kemih, sehingga dapat meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari.

"Itu makanya pipis atau kencing oleh pasien diabetes itu seringnya malam hari," kata dia.

Halaman
12
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved