Breaking News:

Osteoporosis Rentan Terjadi Pada Ibu Hamil, Apa Sebabnya? Ini Penjelasan Direktur RSUD Siti Fatimah

jika kalsium ini tidak terpenuhi terurama bagi ibu hamil maka janin akan mengambil cadangan kalsium pada ibu

YouTube Tribun Sumsel
Sumsel Virtual Fest (SFV) memperingati hari osteoporosis dunia (HOD) 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG-Memperingati hari osteoporosis dunia (HOD) yang jatuh tiap tanggal 20 Oktober, RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumsel akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga tulang terutama bagi ibu yang sedang hamil.

Direktur RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumsel, dr. Syamsuddin Isaac Surya Manggala mengatakan, osteoporosis adalah kondisi kepadatan tulang berkurang di mana penggunaan kalsium meningkat terutama pada ibu hamil.

"Pada peringatan HOD besok kita akan gelar sosialisasi tentang pentingnya menjaga tulang ini, terutama bagi ibu hamil dan menyusui," ujarnya dalam sumsel virtual fest, Senin (19/10/2020).

Ia mengatakan pada ibu yang tidak hamil kebutuhan kalsium yakni 1000 sampai 1100 mg perhari atau tergantung pada usianya.

Baca juga: Punya Kekebalan Tubuh Lemah, Penderita Penyakit Ini Berpotensi Besar Tertular Covid-19

Sedangkan pada ibu hamil dan menyusui yakni kebutuhannya 1200 hingga 1300 mg perhari.

"Mengapa lebih besar bagi ibu hamil? Karena kebutuhan kalsium ini dibutuhkan oleh janin untuk proses pembentuk kerangka, struktur janin, pembentukan otot, irama jantung dan sistem pembekuan darah," jelasnya.

Karena itu, jika kalsium ini tidak terpenuhi terurama bagi ibu hamil maka janin akan mengambil cadangan kalsium pada ibu sehingga menyebabkan ibu Pregnancy and Lactation Induced Osteoporosis (PLO).

Ia mengatakan ada beberapa faktor resiko terjadinya PLO ini diantaranya yakni riwayat keluarga osteoporosis, riwayat patah tulang, gaya hidup tidak aktif dan diet rendah kalsium dan vitamin D.

"Karena itu, kenapa setiap dokter memberikan asupan tambahan asam folat bagi ibu karena ini penting untuk kalsium," jelas dia.

Halaman
123
Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved